MENU
icon label
image label
blacklogo

Merawat WIper Mobil

JAN 03, 2015@12:00 WIB | 4,676 Views

Memasuki musim hujan seperti sekarang ini, para pemilik mobil sebaiknya memperhatikan pula kondisi wiper. Wiper merupakan alat vital yang bertugas membersihkan kaca mobil ketika berkendara saat hujan. Jika kondisi wiper tidak maksimal, maka tugasnya untuk menyapu butiran-butiran air yang menerpa kaca depan mobil Anda juga tidak akan optimal. Oleh karena itu selalu periksa kondisi wiper mobil Anda. Caranya:

1. Cek kondisi karet wiper secara rutin. Jika karet wiper sudah terlihat getas, sebaiknya ganti dengan yang baru agar tidak mengurangi performa pembersihan pada kaca mobil Anda. Karet wiper yang sudah tidak layak dipakai juga bisa menimbulkan baretan pada kaca mobil.  

2. Bersihkan dengan silicone spray. Rajinlah membersihkan wiper dengan silicone spray agar tidak mudah retak dan tidak menjadi keras. Anda cukup membersihkan ujung karet wiper, tidak perlu seluruh bagian wiper di semprot cairan tersbeut.

3. Jangan mengelap dan membersihkan sisi pinggiran karet wiper. Pada bagian pinggir karet wiper terdapat lapisan kimia (graphite) yang berguna untuk menjaga elastisitas karet.
 
4. Angkat wiper atau gunakan penyangga saat mobil tidak digunakan dalam waktu yang lama dan ketika diparkir di bawah terik matahari. Dengan begitu, Anda mencegah kotoran tidak melekat pada ujung karet wiper.

5. Periksa engkol wiper. Untuk memperlancar pergerakan naik turun wiper saat digunakan, sebaiknya semprot engkol wiper dengan cairan 4WD secara rutin. Ini juga salah satu cara untuk mencegah karat paga gagang wiper.

6. Selalu periksa cairan pada tangki wiper. Sebaiknya gunakan air dengan campuran shampoo mobil dan tidak menggunakan produk air wiper yang sering dijual. Biasanya, pada produk tersebut terdapat kandungan asam yang akan mengendap dalam tangki air wiper, sehingga dapat menyumbat kelancaran penyemprotan air wiper.

7. Pastikan lubang air wiper menyemprot ke arah kaca dibagian wiper manyapu air. Jiak lubang semprotan air wiper macet, gunakan jarum pentul atau peniti untuk melancarkan serta menyetel arah semprotan air. [Pra/timBX]

Tags :

#
Tips Merawat WIper Mobil
#
Merawat WIper Mobil
#
Wiper