MENU
icon label
image label
blacklogo

Catat BlackPals, Ini Tips Menggunakan GPS Agar Tidak Ditilang

MAR 14, 2018@17:00 WIB | 186 Views

Belakangan para pengemudi kendaraan di Indonesia dihebohkan dengan berita mengenai aktivitas pengemudi dalam mengendarai kendaraan mereka. Setelah sebelumnya pelarangan mendengarkan musik bagi pengemudi, kali ini pelarangan menggunakan GPS ketika berkendara.

Apa itu GPS? GPS merupakan Global Positioning System, yang berfungsi mencari, dan mengarahkan pengemudi menuju lokasi yang diinginkan. GPS saat ini sangat dibutuhkan pengendara di ibukota terutama kendaraan umum berbasis aplikasi seperti ojek online dan taksi online.

Beberapa hari lalu, beredar kabar bahwa mengemudikan kendaraan sembari melihat GPS dilarang oleh Kepolisian Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Namun setelah dikonfirmasi ulang, penggunaan GPS sebenarnya tidak dilarang oleh kepolisian.

Penggunaan GPS diperbolehkan, dengan catatan tidak mengganggu konsentrasi pengemudi. Oleh karena itu, penting bagi pengemudi kendaraan roda dua maupun roda empat untuk memahami cara penggunaan GPS seperti berikut:

1. Gunakan Penyangga GPS

Penyangga GPS untuk mobil dan motor sudah banyak dijual. Jangan sesekali menggunakan GPS dengan satu tangan sembari berkendara. Untuk motor, tambahkan juga casing anti air agar bisa dipakai dalam kondisi hujan juga. Head unit mobil juga sudah tersedia layanan GPS atau slot untuk GPS, jadi manfaatkan fitur tersebut.

2. Hidupkan Fitur Voice On GPS

Biasanya GPS model Google Maps sudah memiliki fitur ini. GPS dengan fitur suara akan memandu anda menyusuri jalanan di ibukota. Selain memberikan arah jalan, fitur ini juga memberikan jarak dan kondisi jalan yang dilewati. So, anda tidak perlu terlalu sering melirik GPS anda.

3. Minta tolong kepada teman

Jika anda tidak sendiri berkendara dengan mobil atau sepeda motor, mintalah pertolongan kepada teman anda untuk memegang GPS/ponsel dengan GPS untuk memberitahu arah yang tertera dalam peta virtual tersebut.

4. Berhenti Sebentar

Jika anda tidak memiliki penyangga atau tidak memiliki GMaps, maka berhentilah sesekali untuk melihat GPS anda, agar terhindar dari kecelakaan. Anda juga dapat menanyakan alamat kepada orang sekitar. Dengan begitu anda dapat sampai ke alamat yang anda tuju.[pram]

Tags :

#
auto tips,
#
gps,
#
penggunaan gps