MENU
icon label
image label
blacklogo

Cara Merawat Rem ABS pada Sepeda Motor

JUN 23, 2018@14:00 WIB | 2,497 Views

 (Contoh ABS pada sepeda motor)

Teknologi rem ABS kini tidak lagi hanya digunakan oleh motor gede (moge) yang kapasitas mesinnya di atas 500 cc. Sepeda Motor yang berukuran lebih kecil hingga skutik sekali pun sekarang sudah banyak yang memakai rem ABS.

Sedikit penjelasan soal rem ABS, kepanjangan dari ABS adalah Anti-lock Braking System yang berguna untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan sepeda motor akibat ban mengunci saat melakukan hard braking atau panic braking.

Walau terbilang canggih, namun ternyata tidak ada perlakuan khusus dalam perawatan rem ABS pada sepeda motor. Karena selama pemakaiannya dilakukan dengan normal, jarang ada rem ABS sepeda motor yang bermasalah.

 (Pemakaian rem ABS tidak lagi didominasi oleh motor ber-cc besar)

Tapi yang terpenting, dalam perawatan rem ABS sepeda motor, kita wajib memperhatikan kebersihan komponen disc brake dan speed sensornya. Sebab, jika ada pasir atau kotoran yang menempel di kedua komponen tersebut, maka itu bakal mengganggu kinerja rem ABS.

Oleh karena itu, kita perlu selalu memeriksa kebersihan dua komponen yang disebut tadi, dan rutin melakukan perawatan berkala untuk memastikan bahwa kondisi rem ABS tetap berada di kondisi yang baik. [APSG/timBX]

Tags :

#
rem,
#
rem abs,
#
rem motor,
#
merawat rem,
#
auto tips