MENU
icon label
image label
blacklogo

Bohlam Lampu Utama Mobil Perlu Diganti Jika Sudah Mengalami Gejala Ini

APR 30, 2018@17:00 WIB | 367 Views

 (Lampu utama adalah salah satu bagian terpenting dari mobil)

Lampu utama boleh dibilang sebagai salah satu bagian terpenting dari sebuah mobil. Coba bayangkan jika mobil tidak memiliki lampu utama, pastinya Anda akan mengalami kerepotan kala berkendara di tempat yang gelap.

Agar lampu utama bisa menyala, tentu saja ada bohlam yang terdapat di dalam rumah lampu. Sama seperti komponen mobil lainnya, bohlam lampu utama mobil juga memiliki usia pakai. Jika usia pakainya sudah habis, tentu Anda harus menggantinya.

 (Bohlam lampu utama juga punya usia pakai)

Maka itu, kita perlu mengetahui apa gejala yang menunjukkan bahwa bohlam lampu utama mobil Anda sudah perlu diganti. Untuk mengetahuinya, ternyata caranya sangatlah mudah.

Cara yang paling mudah untuk mengetahui apakah bohlam lampu utama sudah perlu diganti adalah tingkst kecerahan cahaya yang dihasilkan sudah tidak terlalu terang lagi, atau salah satu dari lampu depan sudah tidak menyala.

 (Contoh lampu utama yang masih dalam kondisi prima)

Selain karena usia pakai, kerusakan bohlam lampu utama juga bisa dikarenakan kawat filamennya yang sudah tidak terikat secara sempurna. Atau bisa juga, soket lampunya sudah bermasalah. Jika sudah begitu, maka segeralah lakukan penggantian bohlam.

Sebenarnya pada beberapa kasus, lampu utama mobil yang mengalami kondisi tersebut bisa saja hidup kembali dengan hanya memukulnya. Tapi, cara itu tidak disarankan karena tak lama setelahnya, bohlam akan kembali mati. Sehingga cara yang paling tepat untuk mengatasi lampu yang sudah bermasalah adalah dengan mengganti bohlamnya. [APSG/timBX]

Tags :

#
bohlam,
#
lampu utama,
#
head lamp,
#
auto tips