MENU
icon label
image label
blacklogo

Begini Cara Memperbaiki Aki Kering Mobil atau Motor Anda

JUN 03, 2020@16:18 WIB | 2,896 Views

.

Mungkin banyak alternatif bagaimana membangkitkan mobil anda yang sudah 2 bulan terparkir di mobil. Jika tanpa maintenance ringan seperti pemanasan mesin berkala, bahkan setiap hari, dikhawatirkan kemampuan Cold Crangking Amphere (CCA) aki melemah, diiringi dengan tingkat kesehatan aki yang mulai menurun karena pemakaian mendekati usia dua tahun lebih. 

Gejala paling dini yang bisa ditangkap, mobil atau motor Anda mulai susah untuk dinyalakan dalam kondisi pagi hari. CCA bagi aki adalah kemampuan menghidupkan mesin motor atau mobil dengan beban kelistrikan penuh selama 30 detik, apalagi dengan teknologi injeksi sekarang.

Untuk pengguna aki kering, bisa dikenali dengan beberapa tanda kerusakan, antara lain :

1. Motor atau mobil Anda sudah untuk dinyalakan, dalam kondisi apapun, apalagi setelah masa PSBB.

2. Kondisi Aki mulai menggelembung, akibat overcharge.

3. Timbulnya kerak di kutup aki pada aki kering, akibat penguapan cairan aki  berlebihan melalui kutub atau terminal Aki.
4. Usia pakai sudah memasuki 1,5 tahun lebih, termasuk aki kering, aki free maintenance dan aki hybrid.

5. Kondisi motor atau mobil Anda  terasa pincang, susah berakselerasi, lampu mobil redup dan klakson yang mulai kurang kencang, double starter dan lainnya.

Tanpa harus pergi ke tukang aki, kelima tanda tersebut boleh jadi menjadikan kesimpulan bahwa aki kering Anda sekarang. 

Kami mencoba menawarkan maintenance ringan, atas aki kering yang tervonis rusak. Aki kering pada satu sisi adalah free maintenance, jadi jangan keburu beli aki baru. Coba bongkar aki Anda dengan mempersiapkan obeng minus, suntikan dan cairan aki zuur (air aki baru).

Mulailah dengan melepas aki dari motor atau mobil, dengan melepas kabel positif lebih dahulu saat melepas, dan memasang kabel negatif terlebih dahulu saat memasang kembali.

Coba untuk membuka paksa dengan obeng min. Mungkin ini cukup susah untuk aki kering mobil, dengan cangkang body yang kuat. Namun untuk aki kering motor, kemungkinan bisa diatasi.

Saat tutup aki terbuka, BlackPals bakal temukan 6 lubang aki yang terutup karet.  Tambahkan air zuur dengan ukuran masing-masing 1 cm ditiap lubang.  Kemudian tutup kembali, perkuat tutup dengan lem agar bisa tertutup kembali secara rapat.

Coba pasang kembali aki, dan ikuti panduan, dengan memasang kabel negatif dulu ke terminal aki, baru kemudian kabel positif ke kutub positif.

Setelah itu, Anda bisa mencoba menghidupkan mobil atau motor, atau kemungkinan bisa menggunakan baterai kapasitor untuk jumper, guna memperkuat arus. Lalu dilanjutkan dengan menghidupkan mobil selama 20 menit, dengan RPM yang cukup tinggi, untuk pengisian daya ke aki kering. 

Jika selama durasi tersebut berhasil, untuk menghidupkan mesin, maka yang aki kering Anda bisa diselamatkan. Namun jika tidak berefek, harus dicharge dengan voltase yang dibutuhkan, sebagai alternate sebelum BlackPals harus beli aki baru. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
cara memperbaiki aki kering,
#
aki kering,
#
aki basah,
#
air zuur,
#
auto tips,
#
tips perbaikan aki,
#
cca