MENU
icon label
image label
blacklogo

7 Trik Rahasia Setel Karburator Motor, Tenaganya Lincah Bensinnya Tetap Irit

MAR 21, 2022@16:00 WIB | 695 Views

Meski dunia otomotif saat ini digempur dengan teknologi injeksi khususnya motor, ternyata motor dengan karburator alias konvensional tetap digandrungi.

Bukan tanpa sebab, motor non injeksi alias karburator dinilai memiliki perawatan yang lebih mudah dan dapat disetel sesuai selera dan kebutuhan.

Sekedar informasi, fungsi karburator yaitu menyuplai bahan bakar ke ruang mesin. Biasanya, para pemilik motor berkarburator akan menyetel karburator menjadi lebih irit dengan tenaga yang lincah.

Salah satu kekurangan motor yang masih berkarburator adalah, dapat beresiko boros bensin dan brebet. Hal tersebut terjadi akibat kerusakan pada area karburator seperti vakum atau pilotjet dan mainjet. Bisa juga disebabkan dari setelan yang salah.

Nah maka dari itu menyetel karburator motor  harus baik dan benar, efeknya akan dapat membuat motor mempunyai tenaga yang maksimal dan dapat membuat penggunaan bahan bakar menjadi lebih irit.

Cara menyetel karburator motor, mungkin tidak mudah dilakukan oleh sembarang orang, akan tetapi akan cukup mudah, jika di lakukan oleh mekanik yang sudah berpengalaman. Untuk itu kalian bisa simak 7 trik menyetel karburator motor di bawah ini.

1. Siapkan Obeng Minus

Langkah pertama pada saat akan mengikuti cara menyetel karburator motor yaitu dengan mempersiapkan obeng minus (–). Obeng minus dipilih karena pada umunya setelan karburator motor dibuat dengan baut min.

2. Wajib Menghidupkan Mesin

Setelah kalian siapkan obeng tersebut, kemudian hidupkan mesin sepeda motor. Langkah ini harus di lakukan karena cara menyetel karburator motor yang baik dan benar harus dalam keadaan mesin hidup.

3. Putar Sekrup Penyetel Gas

Jika mesin berada pada posisi hidup, selanjutnya kamu ambil obeng min tadi dan putar sekrup penyetel gas ke arah kanan atau searah dengan jarum jam untuk membuat katup gas semakin terbuka dan RPM mesin akan semakin tinggi.

Lakukan secara perlahan karena ketika memutar sekrup gas umumnya mesin akan semakin berputar cepat. Dan putarlah sekrup tersebut jangan terlalu banyak. Kalian bisa memutarnya setengah sampai 2 putaran saja.

4. Tutup Sekrup Penyetel Udara

Pada saat putaran mesin sudah mencapai RPM tinggi atau sudah berada di atas 1.500 RPM. Selanjutnya kamu tutup sekrup penyetel angin dengan memutar sekrup searah dengan jarum jam.

Ketika kamu memutar sekrup penyetel udara, maka RPM motor akan semakin berkurang dan putaran mesin akan terasa brebet karena udara yang masuk berkurang. Terus putar sekrup tersebut secara perlahan akan tetapi jangan sampai mesin mati.

Jika sebelum saluran udara tertutup mesin sudah akan mati, silahkan hentikan pemutaran sekrup udara tersebut dan biarkan sampai RPM terendah yang akan bisa dicapai oleh mesin.

5. Buka Sekrup Udara Sampai RPM Tinggi

Sesudah kamu menemukan titik sekrup udara pas dan tepat sampai RPM terendah bisa dicapai mesin dengan melakukan cara menyetel karburator di atas. Sekarang putar kembali sekrup penyetel udara ke arah kiri atau berlawanan arah jarum jam.

Putar secara perlahan-lahan untuk bisa menentukan campuran antara udara dan bahan bakar yang akan masuk ke ruang bakar.

6. Turunkan Setelan Gas

Selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu dengan mengatur idle RPM dengan memutar kembali sekrup gas yang sudah kita buka sebelumnya. Caranya yaitu dengan memutar sektup ke arah kiri secara perlahan sampai mencapai titik idle RPM yang kamu inginkan.

Bisa juga dengan putar sampai RPM mencapai 900 atau 1000 karena RPM idle standar sebuah sepeda motor.

7. Tes Setelan Karburator

Langkah terakhir cara menyetel karburator motor yaitu dengan melakukan pengetasan. Hal ini bisa dilakukan dengan cara menarik tuas gas secara berulang pada posisi netral. Pasa saat kalian putar tidak ada hal yang aneh atau mungkin brebet maka bisa di katakan setelan karburator sudah benar.

Jika belum puas, coba lakukan test drive atau test jalan pastikan ketika kamu menarik gas motor langsung berakselerasi dan melaju lancar tanpa tertahan alias brebet. Jika hal tersebut terjadi, kamu mau tak mau harus menyetel ulang karburator motormu Black Pals [azz/era/timBX]

Tags :

#
karburator,
#
cara setel,
#
trik,
#
motor,
#
motor karburator,
#
injeksi