MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Tips Mencegah Kecelakaan Motor

NOV 20, 2020@12:00 WIB | 272 Views

Di Indonesia, mungkin banyak orang yang lebih menyukai melakukan perjalanan dengan kendaraan roda dua. Entah itu karena untuk mendapat udara dan penglihatan yang lebih terbuka ataupun lebih cepat, mudah terhindar dari area kemacetan. Namun yang jelas, akan lebih asyik bagi banyak orang untuk menjelajah dengan sepeda motor.

Tidak peduli berapa lama kita berkendara, kesehatan dan keselamatan kita seharusnya menjadi prioritas nomor satu. Saat membandingkan tingkat kematian akibat kecelakaan mobil dan kecelakaan sepeda motor, yang terakhir lebih dari 26 kali lebih tinggi, yang berarti keselamatan dan keamanan harus menjadi perhatian utama. Baik seorang pemula atau pengendara sepeda berpengalaman, ada berbagai tindakan pencegahan yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi risiko tabrakan. Berikut 5 tips mencegah kecelakaan motor;

Kenakan Perlengkapan yang Tepat

Mengenakan perlengkapan keselamatan yang benar tidak hanya membantu membuat berkendara lebih nyaman, tetapi juga meningkatkan visibilitas Anda di jalan, serta menjaga tubuh Anda terlindungi dari cedera. Mengenakan jaket pengaman atau rompi reflektif dengan warna cerah akan membantu memastikan pengemudi lain mengetahui keberadaan Anda, terutama pada malam hari. Tidak peduli berapa tahun pengalaman berkendara yang Anda miliki, Anda tidak terkalahkan, jadi sangat penting bagi Anda untuk selalu mengenakan helm.

Berkendara dengan Kecepatan yang Sesuai

Mengebut di jalan terbuka mungkin terasa menyenangkan dan merasa bebas, namun ingat, Anda tidak hanya akan membahayakan diri sendiri, tetapi juga pengendara lain. Saat berkendara, Anda harus selalu mengontrol kecepatan, dan mematuhi peraturan lalu lintas reguler. Jika Anda berkendara dalam kondisi cuaca buruk, disarankan untuk berkendara dengan lebih hati-hati lagi.

Hindari Zona Buta

Banyak kecelakaan terjadi juga karena pengemudi tidak dapat melihat pengendara sepeda motor dari kaca spion samping dan belakang. Nah, untuk menghindari zona buta, Anda dapat melakukannya dengan menempatkan diri Anda di depan kendaraan lain, yang berarti Anda akan ditempatkan dalam garis pandang pengemudi.

Tetap Waspada

Ketika mengendarai sepeda motor, penting bagi Anda untuk selalu waspada, dan berasumsi bahwa pengendara lain tidak dapat melihat Anda. Saat tiba di persimpangan dan rambu berhenti, Anda perlu memberikan perhatian dan perhatian ekstra, karena dua pertiga dari kecelakaan mobil dan sepeda motor terjadi saat kendaraan lain melanggar jalur kanan sepeda motor.

Rawat Ban Motor Anda

Sebelum keluar dengan motor Anda, penting bahwa Anda memastikan sepeda motor Anda dirawat dan aman untuk dikendarai. Memeriksa ban, lampu, rem, dan sistem pembuangan secara rutin tidak hanya menenangkan pikiran, tetapi juga bisa mengurangi risiko kecelakaan. Khususnya di musim hujan, jalan raya bisa berbahaya, jadi sangat penting untuk selalu memperhatikan sepeda motor Anda, terutama ban.

Hubungi Pengacara

Tindakan ini dilakukan apabila Anda mengalami kecelakaan motor. Dengan menghubungi pengacara kecelakaan sepeda motor, kasus akan bisa terselesaikan dengan baik, yang mana itu memastikan Anda mendapatkan perawatan dan kompensasi yang layak Anda dapatkan. Dan Anda juga perlu mengambil catatan medis yang dapat berfungsi sebagai bukti selama kasus Anda. [inn/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
tips berkendara,
#
tips pengemudi,
#
tips cegah kecelakaan motor,
#
tips motor