MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Hand Sign Yang Wajib Diketahui Saat Touring Motor

JAN 20, 2022@15:00 WIB | 330 Views

Jika berencana untuk melakukan perjalanan touring motor berkelompok dalam berbagai ukuran, hand sign adalah sesuatu yang perlu diketahui. Hand sign sendiri sangat membantu di saat touring dalam rangka berkomunikasi dengan pengendara di satu kelompok touring motor. Dengan komunikasi yang baik antar anggota kelompok touring motor, maka hal-hal yang tidak dapat diinginkan dapat dihindari dan touring motor pun akan menjadi terkendali dan aman.

Sebenarnya ada banyak hand sign yang bisa dipergunakan ketika sedang touring motor, tetapi ada 5 hand sign penting yang wajib diketahui oleh pengendara ketika sedang touring motor. Oleh karena itu, pelajari dan praktekkan 5 hand sign ini ketika sedang melakukan touring motor secara berkelompok:

1. Berhenti

Ketika pemimpin kelompok membuat sinyal “berhenti”, itu akan menyebabkan reaksi berantai sampai ke pebalap terakhir dalam kelompok. Buat hand sign “berhenti” dengan menekuk lengan 90 derajat, menjaga telapak tangan terbuka, dan mengarahkan jari ke jalan.

2. Tambah Kecepatan

Anggota grup touring yang tidak berpengalaman akan mendapat manfaat paling besar dari hand sign ini. Kelompok yang berpengalaman akan lebih mengandalkan bahasa tubuh. Gunakan itu untuk memberi tahu anggota kelompok lainnya agar menyamai kecepatan dengan meningkatkan kecepatan mereka. Rentangkan lengan dan ayunkan telapak tangan ke arah atas untuk memberi sinyal

3. Turunkan Kecepatan

Hand sign ini berguna untuk sepeda motor manual yang menghasilkan gaya engine break yang kuat, yang mana tidak mengaktifkan lampu rem yang menghadap ke belakang. Rentangkan lengan  dan ayunkan telapak tangan ke bawah ke arah jalan untuk memberitahu semua orang dalam kelompok untuk memperlambat.

4. Ada Bahaya/Halangan

Hand sign ini biasanya digunakan dengan 2 cara. Jadi, hand sign ini akan berbeda tergantung pada apakah bahayanya ke kanan atau ke kiri. Jika bahaya ada di sebelah kiri, arahkan dengan tangan kiri. Arahkan dengan kaki kanan jika bahaya ada di sebelah kanan.

5. Bahan Bakar Habis

Saat berkendara dengan sebagian besar grup, kehabisan bensin merupakan kejadian yang tidak dapat dihindari. Komunikasikan kebutuhan untuk mengisi bahan bakar dengan menunjuk ke tangki bahan bakar menggunakan jari telunjuk kiri. [fkg/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
auto tips,
#
tips motor,
#
hand sign