MENU
icon label
image label
blacklogo

5 Cara Modifikasi yang Mampu Meningkatkan Performance (Bag-II)

DEC 16, 2018@14:00 WIB | 284 Views

Bagi penggemar otomotif, mobil standar pabrikan banyak menyebabkan masalah karena performance yang terbatas. Banyak sekali bengkel-bengkel menawarkan peningkatan performance, namun kita sendiri harus tahu bagaimana membangun mobil yang benar-benar mampu menambah daya sekaligus meningkatkan efisiensi bahan bakar.

Langkah biasanya dilakukan dengan memperhatikan kinerja mesin, dengan menghandle air intake didukung piston yang bergerak ke bawah, menciptakan ruang hampa udara, memungkinkan udara dimampatkan dalam tekanan atmosphere, kemudian ditarik ke ruang bakar.  Kemudian dikombinasikan dengan bahan bakar yang mudah dibakar menjadi satu energy yang diubah menjadi energy kinetic melalui pembakaran atau pengapian dari busi.

Untuk meningkatkan kinerja mobil, dalam artian lebih cepat butuh upaya untuk mengefisienkan ruang pembakaran agar menghasilkan tenaga lebih kuat, setidaknya lebih efisien. Karena asupan bahan bakar yang banyak di ruang mesin tidak memberikan performa tambahan, karena yang dibutuhkan adalah mengikat oksigen di udara dan bahan bakar untuk pembakaran.  Sebaliknya, modifikasi mesin mobil Anda nanti lebih mengarah pada penerimaan oksigen lebih banyak dan bahan bakar.

Ketiga Memasang Kit Cold Air Intake

Meski terlihat sebagai bagian yang sepele, penggunaan pendingin air intake dapat menurunkan suhu udara mesin dan berakibat mempengaruhi efisiensi mobil Anda. Kit Cold air intake merupakan sebuah sistem yang membawa udara dingin masuk ke ruang pembakaran internal. Biasanya, pengaturan udara saat memasuki mesin sudah diatur, dengan menyediakan udara hangat saat mesin dingin atau sebaliknya udara dingin ketika mesin masih hangat.

Dengan memasang kit cold air intake, tidak hanya sekedar itu, namun dapat menghasilkan kinerja dan efisiensi mesin lebih tinggi. Berdasarkan pertimbangan dasar bahwa udara yang dingin lebih padat daripada udara yang hangat. Hal itu berarti udara dingin lebih banyak mengandung oksigen  yang diperlukan untuk membantu pembakaran mesin secara dinamis. Untuk memasangnya, silahkan datang ke bengkel yang professional, karena cukup melibatkan penggantian elemen dari asupan udara yang standar.

Keempat Menambahkan Filter Udara Sekunder

Dengan desain yang unik, filter udara aftermarket lebih memungkinkan aliran udara ke dalam mesin, yang digunakan untuk mengkombinasikan udara dan bahan bakar lebih efisien.  Selain itu juga membantu memblokir kontaminan dan kotoran udara yang dapat menurukan kinerja dari waktu ke waktu.

Filter udara sekunder biasanya terbuat dari lapisan tipis dari kapas, atau bahan lain yang ditempatkan beberapa lapisan. Kualitas filter udara aftermarket jauh lebih bagus dibanding standar yang hanya menggunakan bahan kertas. Dari bahan kain, filter tersebut bisa dicuci dan mampu meningkatkan kinerja dengan harga yang terjangkau namun efisien.

Kelima Pemasangan Supercharger

Tugas atau fungsi utama supercharger adalah menekan asupan udara diatas level atmosfer normal, sehingga udara lebih banyak masuk ke ruang mesin dan bergabung dengan bahan bakar sehingga mudah dibakar dan menghasilkan banyak tenaga. Secara mekanis supercharger didukung oleh sabuk atau rantai dari crankshaft. Supercharger berputar di kisaran 50.000 rpm  untuk memaksa udara masuk ke ruang bakar, akibatnya pembakaran di ruang mesin jadi lebih besar.

Berapa banyak daya yang dihasilkan dari Supercharger? Hampir 50 persen lebih banyak dari pabrikan, itupun menuntut pemasangannya harus dengan benar. Memasang ke satu mesin mobil normal saja akan membuat efek performance yang luar biasa. Soal pemasangan Anda percayakan ke bengkel-bengkel yang berpengalaman.[Ahs/timBX]

Tags :

#
engine performance,
#
tips,
#
modifikasi mesin