MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Rekomendasi Style Modifikasi Mobil Sedan, Tinggal Pilih Sesuai Selera Mu

FEB 25, 2022@10:19 WIB | 790 Views

Berbagai pabrikan mobil mengeluarkan produk-produk andalannya dengan desain, bentuk, dan berbagai teknologi canggih yang dimiliki. Namun banyak pula orang-orang yang ingin mobil kesayangannya tampil lebih ciamik dan menarik dengan ubahan atau kreasi tersendiri.

Bukan hanya itu, ada sebuah kepuasan jika mobil kesayangan tampil nyentrik, berbeda dan mempunyai ciri khas ketimbang mobil standar pabrikan. Alhasil jalan modifikasi kerap jadi andalan, mulai dari modifikasi harian, balap bahkan event kontes modifikasi. Untuk itu, berikut 3 rekomendasi style modifikasi mobil sedan yang telah tim BX rangkum.

1. Modifikasi bergaya racing-look atau street racing.

Gaya modifikasi ini sedang booming dikancah otomotif Indonesia. Biasanya pada kawula muda memodifikasi mobilnya tampil lebih sporty dengan mengubah eksterior, kaki-kaki bahkan mengupgrade performa mesin.

Untuk sektor eksterior,biasanya mobil bergaya racing tampil lebih simpel dengan tidak menggunakan bodykit yang berlebihan terkecuali konsep modifikasi ala rocket bunny yang identik dengan wide body-nya.

Ubahan bergaya racing-look atau street racing lebih fokus ke performa mesin. Mulai dari porting polish, upgrade sistem pembakaran, remap atau recoding ECU bahkan hingga swap engine alias ganti mesin. Biasanya ubahan ini pun diikuti dengan upgrade sektor kaki-kaki.

Seperti upgrade pengereman double cakram, kaliper racing hingga velg racing look seperti Enkei RPF01, Volks Rays TE37 dan Widesport dan berbagai velg lainnya yang jadi favorit. Genre modif satu ini dikombo dengan system suspensi yang disesuaikan baik dengan custom ataupun lowering kit.

Masuk ke dalam kabin, jok penumpang pun kerap diganti dengan jok racing (bucket), setir racing, short shifter sampai rollcage alias besi pengaman tambahan untuk membuat safety mobil semakin baik saat terjadi kecelakaan.

2. Konsep modifikasi ceper, seperti Stance dan Bagged.

Aliran ini biasanya dijumpai di jenis mobil hatchback dan sedan. Tak jarang juga pemilik SUV atau MPV nekat mencangkok konsep modifikasi yang identik dengan ground celereance minim ini. Biasanya ubahan fokus menyasar pada area kaki-kaki. Velg standar pun diganti dengan velg berdiameter besar, kontruksi 3 piece, lebar velg ekstra sampai penggunaan ban berprofil sangat tipis.

Sistem suspensi pun ikut jadi sasaran, untuk stance biasanya penggiat otomotif ini memotong atau mengcustom per hingga memasang air suspension yang bisa diturunkan hingga mobil benar-benar menyentuh aspal. Sentuhan chamber kit plus widebody natural pun dilakukan agar mobil benar-benar "duduk" dengan manis.

Untuk sektor eksterior, konsep modifikasi stance atau bagged kerap memasangkan add-on bodykit atau bodykit yang di-custom sesuai selera. Begitu juga dengan sektor kabin, interior mobil pun kerap dibuat tampil mewah dengan berbagai perangkat entertainment yang sangat mendukung.

3. Gaya modifikasi lawas, OEM looks misalnya.

Meski belum setenar dua gaya modifikasi di atas, OEM looks pun perlahan mulai dilirik para ‘Anak lama’ dibidang modifikasi. Ubahannya sepintas terlihat minimalis, namun jangan sangka gaya modifikasi ini juga butuh budget dan effort yang besar loh.

Biasanya pelaku modifikasi ini mencari part-part orisinal mobil namun versi dari negara lain, seperti USDM, JDM dan AUDM. Biasanya mobil-mobil yang dipilih pun lansiran lawas mulai dari tahun 1970 hingga awal tahun 2000an.

Bukan hanya memasang part subtitusi mobil versi negara lain, konsep modifikasi ini juga unik dengan mencangkok part aftermarket period correct alias tren modifikasi sesuai tahun kelahiran mobilnya. Seperti memasang washer lamp, rubah baut roda, setir lawas, stick equalizer kobra, stoplamp tiang dan berbagai part unik lainnya. Kerennya lagi, biasanya penggiat modifikasi ini mencari dan mendapat part tersebut hingga mendatangkannya langsung dari luar negeri loh Black Pals!

Nah itulah 3 konsep modifikasi mobil sedan yang telah tim BX rangkum. Sekarang tinggal kalian pilih mana yang kalian suka nih? [aziz/era/timBX]

Tags :

#
modifikasi,
#
sedan,
#
konsep modifikasi,
#
oem look,
#
stance,
#
bagged,
#
racing