MENU
icon label
image label
blacklogo

3 Penyebab Kendaraan Bisa Terbakar Sendiri yang Perlu Diwaspadai

JUL 22, 2020@11:00 WIB | 1,424 Views

Pernahkah Anda menemui atau melihat langsung sebuah mobil terbakar sendiri? Atau justru pernah mengalami sendiri kejadian yang termasuk langka ini? Jika belum mengalami dan belum pernah menemuinya bukan berarti kejadian buruk itu tidak akan menimpa Anda. Oleh karena itu, Anda harus rutin memeriksa kendara pribadi Anda, pastikan kendaraan pribadi Anda dalam keadalan baik, alias tidak terdapat tanda-tanda penyebab utama mobil bisa terbakar.

Berikut penyebab-penyebab umum mobil bisa terbakar sendiri seperti dilansir dari How Stuff Works:

1. Sistem Bahan Bakar Bocor

Penyebab paling umum yang membuat mobil bisa terbakar sendiri karena terjadi kebocoran sistem bahan bakar. Nah, hal ini jangan sampai terjadi kepada Anda. Perlu diketahui, bensin dengan suhu 7,2 derajat celcius atau lebih dengan mudah bisa terbakar jika ada percikan api. Nah, misal Anda tiba-tiba ada bau gas tercium dalam mobil atau di sekitarnya bisa jadi sistem bahan bakar mobil Anda yang bocor.

2. Korsleting Listrik

Penyebab umum selanjutnya adalah karena terjadi korsleting listrik pada mobil Anda. Biasanya jika ada masalah pada bagian sistem kelistrikan mobil bisa sebabkan ledakan gas hidrogen. Di mana jika ledakan itu bertumbuk di ruang mesin dan tersambut oleh adanya arus listrik bisa melahirkan percikan api.

3. Overheating atau Mesin Terlalu Panas

Mesin yang terlalu panas (Overheating) pada mobil bisa menjadi penyebab kebakaran mobil. Umumnya, jika mesin mengalami kondisi panas berlebihan berarti mesin sudah waktunya mendapat sentuhan secara mekanis. Salah satu penyebabnya ialah adanya segel yang bocor atau tidak berfungsinya radiator secara baik.

Nah, ketiga penyebab umum mobil bisa terbakar tersendiri di atas perlu Anda ketahui. Selanjutnya, Anda mesti rajin mengecek kesehatan mesin mobil Anda. Pastikan pula bahwa mobil Anda aman dari ketiga penyebab umum tersebut. [asl/timBX]

Tags :

#
auto tips,
#
penyebab mobil terbakar sendiri,
#
overheating