MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Mazda6 Terbaru di Indonesia

DEC 18, 2015@12:00 WIB | 4,296 Views

Mazda6 terbaru mendapat penyegaran minor baik pada bagian depan maupun ruang kabin. Penampilannya kian agresif namun memberikan kenyamanan berkendara yang tetap layak untuk diacungi jempol.

Paras depan Mazda6 terbaru kini pakai grill baru berupa enam bilah horizontal beraksen chrome. Insert chrome juga dipakai sebagai garnish yang menyatukan antara grill dengan lampu depan.

Lampu utama ini pun sedikit berubah dengan adanya LED daytime running light berbentuk setengah lingkaran yang identik dengan model Mazda terbaru lain seperti All New Mazda2 dan New Mazda CX-5. Sorot mata yang dibuat lebih tajam selaras dengan lekuk bumper depan yang kini punya lekuk yang lebih agresif. Di bagian lampu kabut juga ditambah aksen chrome sehingga aura sporty sedikit tereduksi dengan aksen elegan.

Di belakang, rear combination lamp juga diubah dan antara lampu kiri dan kanan juga dibubuhi chrome garnish untuk mempercantik Mazda6 terbaru. Lagi-lagi kesan sporty muncul dibagain ini dengan aplikasi twin muffler yang tersimpan di sudut-sudut bagian bawah bumper.

Minor change lainnya yang bisa ditemui pada Mazda6 terbaru yakni velg 19 inci yang kini pakai finishing hitam bukan lagi silver, layout dashboard yang sekarang ditambahkan MZD Connect serta headup display, model tuas transmisi yang berbeda, serta konsol tengah yang juga punya tata letak sedikit diubah.

Terlepas dari itu, Mazda6 terbaru tetaplah full size sedan Jepang yang menyenangkan untuk dikendarai. Meski butuh perhitungan lebih matang saat masuk ke area traffic jam, bodi bongsornya seakan bukan halangan untuk bisa melesat agresif di jalur bebas hambatan.

Mesin SKYACTIV 2.5-liter 4 silinder DOHC masih serupa Mazda6 sebelumnya. Tanpa ada penambahan bobot dari bodi maupun ruang kabin, maka semburan tenaganya tetap ada di kisaran 187 hp pada 5.700 rpm dnegan torsi puncak 250 Nm di 3.250 Nm. mazda6 terbaru pun tetap diperkuat fitur pintar seperti i-STOP system dan i-ELOOP system.

Dengan SKYACTIV-DRIVE 6-speed automatic, pengemudi cukup memposisikan tuas transmisi pada mode "D", dan biarkan komputasi pada mobil bekerja untuk menentukan laju kendaraan sesuat tekanan pada pedal gas. Jika ingin agresif tinggal aktifkan mode Sport pada tuas yang ada di samping tongkat transmisi, atau mapunkan paddle shift.

Mazda6 terbaru juga tetaplah sedan besar dengan manuver mumpuni. Setir memang terasa berat tapi mantap untuk memberikan pengendalian ketika kecepatan tinggi. Hampir tak ada gejala limbung sata harus berbelok dengan posisi pedal gas tak mengurangi kecepatan. Dan jika pengemudi lengah maka ada fitur Lane-keep Assist System (LAS) yang akan berbunyi jika mobil berpindah jalur tanpa memberi tanda lampu sein.

Peringatan lainnya adalah ketika kedua tangan tak menyentuh setir dalam kondisi mobil berjalan untuk beberapa waktu. Keberadan fitur-fitur pintar ini tentunya diharapkan mampu menekan angka kecelakaan. Setidaknya itu dimulai dari para pengendara Mazda6 terbaru. [Pra/timBX]


Spesifikasi
Mesin : SKYACTIV-G 2.5-liter 4 Silinder, DOHC 16 Valve
Kapasitas : 2.488 cc
Sistem Pasokan Bahan Bakar : Electronically Controlled Direct Injection
Tenaga Maksimum : 187 hp / 5.700 rpm
Torsi Maksimum : 250 Nm / 3.250 rpm
Transmisi : SKYACTIV-DRIVE 6-speed automatic with Sport mode and paddle shift
Sistem Penggerak Roda : front wheel drive
Bahan Bakar : Gasoline
Kapasitas Tangki : 62
Panjang : 4.865 mm
Lebar : 1.840 mm
Tinggi : 1.450 mm
Sumbu Roda : 2.830 mm
Suspensi Depan : SKYACTIV-CHASSIS Independent MacPherson
Suspensi Belakang : SKYACTIV-CHASSIS Independent Multi-link
Ban Depan : 225/45 R19
Ban Belakang : 225/45 R19
Fitur lain : Projector headlamp, LED Daytime Running Light (DRL), ABS, EBD, Emergency Break Assist, Dynamic Stability Control, Cruise Control, Traction Control, Blind Spot Monitor, Smart City Brake Support (SCBS) Front and Rear, LaneDeparture Warning System, Lane-keep Assist System, Parking Camera, MZD Connect, Headup Display.
Harga : Rp 609,1 juta on the road Jakarta (tambah Rp3 juta untuk warna Soul Red)

Tags :

#
mazda,
#
mazda6,
#
new mazda6,
#
mazda6 terbaru,
#
test mazda6 terbaru indonesia,
#
spesifikasi dan harga mazda6,
#
auto reviews mazda6 terbaru