MENU
icon label
image label
blacklogo

Kawasaki Z900 - More Than Just An Evolution

MAY 03, 2018@14:00 WIB | 3,490 Views

Dengan hadirnya pengganti dari Z800 ini, artinya bertambah lagi moge import Kawasaki Motor Indonesia. Itu juga artinya ada cara yang ekonomis untuk memiliki motor bermesin 4 silinder dari Kawasaki. Apalagi dia bukanlah sebuah evolusi dari Z800, karena dia punya rangka besi trellis frame ketimbang beam frame yang dipakai pendahulunya itu. Juga, blok mesinnya memakai punya Z1000 dengan bore yang lebih kecil, sehingga sudah tentu mampu menopang isi silinder lebih dari 800 cc. Kesimpulannya, ada mesin versi kompak dari Z1000 yang terbenam dalam sasis barunya.

Inilah gaya Z supernaked yang ada pada Z900 sekarang. Elemen desain sugomi yang agresif seperti sikap meringkuk, bagian batok lampu depan diposisikan rendah dan garis-garisnya terlihat seperti ditarik ke belakang, memberikan Z900 siluet yang berbeda. Sehingga dapat langsung dikenali sebagai moge naked yang agresif, ditutupi dengan body cover minimalis pada area mesin yang begitu memikat perhatian. 

Berbeda dengan pendahulunya yang lebar, tata letak instrumen Z900 begitu kompak dan mudah dibaca dengan tachometer bergaya analog dengan posisi indicator gear di tengah layar LCD multifungsi yang besar. 

Ketika kami memacunya, mesin 948 cc, 4 silinder segarisnya punya respons yang sangat baik dan kuat pada putaran menengah terus naik hingga putaran atas, menantang kami untuk semakin menarik tuas gasnya. Penghantaran tenaga pun yang merata memberikan kontrol yang bagus sehingga menambah kenyamanan dan percaya diri Anda.

Trellis frame dan swing arm yang ringan adalah kunci dari handling yang gesit. Dilengkapi hand lebar yang luas dan rata, mengendarai Z900 terasa rileks. Posisi riding Z900 sedikit lebih tegak dari Z1000 dan Z800, sehingga membuat saya dapat menikmati berbagai situasi berkendara.

Khusus buat BlackPals yang memiliki postur tidak terlalu tinggi, motor ini bisa jadi sahabat yang baik untuk berpelesir. Sebab bobot ringan (210 kg) dan seat height yang rendah (792 mm) membuat Z900 mudah di ajak bermanuver. 

Apalagi, di jalanan perkotaan, suspensi belakang Horizontal Back-Link, menghantarkan keseimbangan dari performa sporty dan kenyamanan berkendaranya.

Menariknya, Kawasaki memasang perangkat Assist & Slipper Clutch pada Z900 yang dikembangkan dari aktivitas balap dunianya. Di mana pada prakteknya di jalanan Ibukota, ketika terjadi engine braking ekstrem akibat penurunan gigi yang cepat – atau tidak sengaja- slipper clutch meredam terjadinya efek engine brake dan mencegah ban belakangnya mengangkat atau tergelincir.

Jadi, berhasilkah penerus Z800 ini memikat hati saya dan penikmat motor sejati? Menurut saya sudah tentu. Karena Anda butuh kesenangan seperti ini dalam hidup Anda. Z900 memiliki ukuran serupa Z800 namun dengan keasyikan berkendara ala Z1000 dan dengan harga jauh lebih terjangkau. Dia juga salah satu moge 4 silinder yang mudah dikendarai sehari-hari dalam kondisi kita di sini - dia bisa diajak galak sekaligus kalem secara bersamaan, dan tidak akan overheat ketika Anda mengajaknya bermacet-macetan. Di tangan (kalem) yang tepat, dia bisa menempuh jarak hampir 320 km dalam satu tangki bensin penuhnya, dimana itu cukup mengagumkan untuk moge seukurannya. [bil/timBX]

Tags :

#
auto reviews,
#
kawasaki,
#
z900