MENU
icon label
image label
blacklogo

DFSK Glory 580 1.5 Luxury CVT - Don’t Underestimate

SEP 06, 2018@12:00 WIB | 1,263 Views

Oke, PT Sokonindo Automobile bersiap untuk perang. Pemegang merek Dongfeng Sokon (DFSK) di Tanah Air ini menginginkan porsi penjualan segmen SUV di sini. Di Cina sendiri, DFSK merupakan salah satu manufaktur otomotif terbesar. Dan pada akhirnya, DFSK Glory 580 adalah tentang tampilannya.

Saya bisa saja memberitahu BlackPals tentang bagian dalamnya, tapi Anda pasti sudah mendengar semuanya. Hal baru dalam dunia mobil SUV adalah yang bisa Anda lihat dan sentuh: desain, interior, dan kualitasnya. Tentu, ada teknologi terbaru yang canggih di sini.

Tampilan tajan dan dinamis dari SUV  yang sudah dirakit secara lokal ini diperjelas dengan profil sudut-sudut di kedua sisi samping mobil membuat garis karakter yang kuat; kaca pintu belakang yang maju ke depan; pintu bagasi yang melebar ke bawah dan overhang pendek; dan spoiler yang berotot menambah kesan athletis.

Desain depan DFSK Glory 580 memiliki tema Eagle Front Face, yang mengacu pada tampilan hitam di tengah bonnet depan dan ditutup dengan aksen krom yang membentuk pola gril. Lampu DRL dan LED khas yang tersembunyi di dalam fascia depan menambah efek drama dan kecanggihan pada wajah SUV ini.

Di bagian belakang, posisi lampu belakang membentang rendah membagi jendela belakang menjadi lebih luas dan ketika diterangi lampu senja dan lampu rem LED membentuk sebuah pola cincin di bagian buritan, membuat DFSK Glory 580 tampil berbeda dan jelas dilihat dari belakang.

Di dalam, desainnya terasa seperti SUV Jepang lain, dan tidak ada yang salah dengan itu. Dia benar-benar tiga dimensi, ada sunroof dan cruise control di setir, serta fungsi pemanas untuk spion.

Duduk di jok pengemudi, tampilan dashboard berpadu bersama meter cluster anyar memberikan beragam informasi melalui MID secara lebih komprehensif dan mudah digunakan. Dan tidak banyak mobil sekelasnya yang menawarkan fitur Tyre Pressure Monitoring System seperti DFSK Glory 580.

Ya, untuk memudahkan pengemudi memantau kondisi tekanan angin pada keempat ban SUV ini. Untuk kenyamanan lebih, saya juga dimanjakan dengan berbagai fitur terdepan yang biasanya hadir di segmen kelas lebih tinggi – push start button dan keyless entry.

Layaknya sebuah pesawat terbang yang memiliki kotak hitam, di kabin Glory 580 juga punya semacam itu. Namanya Vehicle Running Recorder. Anda bisa merekam kejadian di depan selama berkendara melalui head unitnya.

Sistim audio terbaru pun dihadirkan dengan layar sentuh 10 inci dengan menu yang lebih interaktif. Tidak lupa ada AC Controller yang dilengkapi dengan Double Blower sehingga akan membuat suhu dalam kabin lebih nyaman. Selain itu ada Electronic Parking Assist dimana saya cukup menggunakan rem tangan hanya dengan satu sentuhan.

Karena postur tubuh saya termasuk tinggi, DFSK kini mengakomodirnya dengan kemudi yang bisa maju-mundurkan (telecopic) ketimbang hanya bisa naik-turun (tilt). Senarai itu bertambah panjang dengan adanya tingkatan rumit sistem Bluetooth, dan pilihan navigasi, yang beberapa di antaranya bisa ditingkatkan.

Mesinnya canggih. Saya menyukainya. Mesin unggulan adalah 1.5 liter Euro-SFG yang manis dan bertorsi. Terasa begitu ringan saat pedal gas diinjak. Dihubungkan dengan pilihan CVT, mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimal mencapai 150 HP dan torsi maksimal mencapai 220 Nm.

Yang menghibur, kalau tahu bahwa mobil ini telah mengadopsi Turbocharger pada mesin 4 silinder-nya. Artinya, dia adalah mobil berteknologi modern yang akan menghemat biaya operasional anda tiap bulan. Begitu pula transmisi barunya, modern, 6-speed CVT yang bisa ubah jadi mode manual jika Anda mau.

Pada kecepatan tinggi (dan tanpa anak-anak bermain di belakang) DFSK Glory 580 menyajikan tingkat kestabilan yang baik, dan rem ABS dan EBD-nya bekerja dengan baik menghentikan mobil seberat hampir 2 ton itu. Tapi ingat dia bukan sports car, dan tak suka sesuatu yang terlalu kencang dan menegangkan. Meski begitu, handlingnya lebih terasa sedan ketimbang sebuah van, dan cukup menyenangkan diajak meliuk-liuk di jalanan Ibukota.

Kami membedah DFSK Glory 580 1.5 CVT tipe tertinggi ini (Luxury) untuk merasakan apa yang sebenarnya bisa didapatkan SUV seharga dan selevel dia, dan berhasil menepiskan keraguan kami seperti apa nantinya mobil ini di jalan. Dengan pendekatan kepraktisan yang disusungnya, DFSK Glory 580 cukup baik dirancang, banyak fiturnya, dan asyik untuk dikendarai.

Dan karena merek DFSK punya garansi hingga 7 tahun atau 150.000 KM, serta karena fitur-fitur tersebut terintegrasi dengan sempurna pada mobil ini, orang-orang akan membelinya. Ini bukan mobil untuk orang yang sensitif dengan image.

Kami pernah bertanya kepada Franz Wang, Managing Director of Sales Centre, PT Sokonindo Automobile, apakah pembelinya adalah bekas pengguna mobil Jepang. Dia bilang tidak. Mereka di luar DFSK sekarang, katanya. Pembelinya adalah kaum muda yang baru dan sejahtera. [bil/timBX]

Spesifikasi DFSK Glory 580 1.5 Luxury CVT

Dimensi           4.680 mm / 1.845 mm/ 1.715 mm

Sumbu roda     2.780 mm

Mesin              SFG15T 4 silinder turbo

Kapasitas         1.498 cc

Tenaga             150 HP / 5.600 rpm

Torsi                220 Nm / 1.800 - 4.000 rpm

Transmisi         6-speed CVT

Berat               1.985 kg

Suspensi          MacPherson Independent / Torsion Beam (depan & belakang)

Ban                  225/60 R17

Harga              Rp 308 juta

Tags :

#
dongfeng sokon,
#
dfsk,
#
sokonindo automobile,
#
glory 580 1.5 luxury cvt,
#
glory,
#
580

RELATED ARTICLE