MENU
icon label
image label
blacklogo

All New Daihatsu Terios R Deluxe - People's Choice

SEP 13, 2018@14:58 WIB | 1,515 Views

Banyak yang ingin memiliki SUV tangguh. Menurut kami, All New Daihatsu Terios merupakan pilihan paling bijak. Sebab, meski tidak semahal SUV medium lain, dia tetap terlihat gagah dan keren. Ini untuk pertama kalinya PT Astra Daihatsu Motor mendandani habis-habisan small SUV-nya sejak diluncurkan generasi sebelumnya dengan mempertahankan kombinasi ketangguhan kendaraan jip dan kepraktisan mengemudi. Eksterior nya kini lebih modern berkat pemangkasan ban serep yang biasanya menempel di pintu bagasi. Hal ini tentu memaksimalkan volume interior.


Dengan ukuran bodi cukup besar – panjang 4.435 meter, lebar 1.695 meter, dan tinggi 1.705 meter –, All New Terios mampu mengangkut delapan penumpang dengan nyaman dan tanpa berdesakan saat Blackxperience mencoba masuk ke dalam kabinnya. Selain lebih besar dan lebih lega, bodi All New Terios pun dibangun dengan kokoh.

Selain kokoh, bentuk All New Terios yang modern menjadi daya tarik tersendiri. Kap mesin depan yang berotor dihiasi sepasang lampu depan LED berukuran minimalis dan berbentuk persegi. Velg alloy desain baru berukuran 17 inci yang dipoles hitam begitu sepadan dengan bumper depan belakang, kaca spion lipat elektrik, dan handel pintu yang semuanya sewarna bodi.


Bahkan untuk interior, dirancang sedemikian rupa agar warna beige pada door trim dan jok memberi kesan mewah. Sedangkan, stir tiga palang dan konsol tengah yang dihiasi panel berwarna perak aluminium memberi kesan sporty.

Interiornya pun nyaman, lega, dan rapi. Ruang untuk kaki penumpang depan dan belakang cukup lega. Kursi depan berkontur dan lebar. Kursi belakangnya 'reclining seat' dan bisa dilipat untuk memperluas ruang bagasi. Kelegaan interior juga disumbangkan dari lantai yang rendah dan langit-langit yang tinggi. Ruang kepala di semua baris kursi cukup nyaman. Bahkan, penumpang bertubuh jangkung tidak perlu khawatir karena desain atap yang mendaki. Panel instrumen yang tertata rapi dan mudah dilihat.


Untuk mengantisipasi dinamika aktivitas konsumen modern, All New Terios juga dilengkapi sistem audio yang bisa memutar file atau video format apapun serta dapat dihubungkan langsung dengan iPod. Daihatsu memposisikan, konsumen All New Terios sebagian besar berasal dari kalangan kaum muda atau keluarga muda yang memiliki kegiatan aktif dan modern.

Dengan konstruksi bodi monocoque yang ringan, All New Terios sanggup menahan beban angkut besar yang kami bawa selama perjalanan. Makanya bodi kokoh tersebut disandingkan dengan mesin 2NR-VE 4 silinder. Mesin berkapasitas 1.496 cc 16 valve Dual VVT-I yang menghasilkan 102 HP dengan torsi 136 Nm ini memiliki karakter torsi besar sejak putaran mesin rendah. Alhasil, kami tidak perlu menginjak pedal gas terlalu dalam untuk menghela All New Terios – konsumsi bahan bakar pun bisa ditekan. Anda bisa memilih untuk mengolah semburan tenaganya dengan transmisi 4-speed gate type atau 5-speed manual.


Dengan dukungan sistem suspensi depan MacPherson strut & stabilizer serta rigid axle, 5-link, Terios mampu bergerak dengan stabil, minim goncangan. Sistem kemudi menggunakan variable assist rack-and-pinion power steering membuat saya mudah mengendalikan mobilnya.

Menariknya, saat Blackxperience hendak membawanya keluar Ibukota, ternyata kala itu ada satu wilayah di Jawa Barat yang dilanda banjir. Di sinilah All New Terios membuktikan dirinya sebagai kendaraan serba guna, yang siap menghadapi berbagai kemungkinan, termasuk banjir. Dengan postur jangkung 220 mm dan posisi saringan udara yang tinggi, yaitu 1 meter atau setinggi bagian atas lampu depan, All New Terios bisa dikatakan cukup aman dari risiko tersedotnya air ke dalam blok mesin yang bisa mengakibatkan kerusakan fatal.    


Konsumen Indonesia tahu Daihatsu identik dengan Xenia. Tapi, produk Daihatsu ternyata bukan hanya Xenia, Grand Max, dan Luxio. Mereka memiliki juga model SUV ini. Sebagai SUV kompak, All New Terios cukup memadai, memiliki ketinggian kendaraan tanah yang bagus, akselerasi yang memadai, dan konsumsi bahan bakar yang bersahabat. Bagi keluarga kecil, mobil ini mungkin merupakan pilihan tepat – disamping dapat memenuhi keinginan anak yang ingin memiliki mobil yang sporty ternyata juga tetap nyaman sebagai mobil keluarga. [bil/timBX]

Tags :

#
daihatsu terios,
#
all new daihatsu terios