MENU
icon label
image label
blacklogo

WSBK: Kejutan, Nicolo Bulega Menangi Race Pertama Seri Australia

FEB 25, 2024@09:30 WIB | 128 Views

Balapan pertama World Superbike musim 2024 menghasilkan kejutan dan drama yang tidak terduga. Balapan pembuka yang berlangsung di Sirkuit Philip Island, Australia pada Sabtu (24/2/2024) menghasilkan pemenang baru. Pembalap Aruba Ducati, Nicolo Bulega yang melakoni balapan debutnya di WSBK keluar sebagai pemenang.

Debutan asal Italia ini berhasil tampil impresif setelah merebut pole position di sesi Superpole. Ia berhasil mengungguli dua pembalap Italia lainnya, Andrea Locatelli (Pata Yamaha) dan Andrea Ianonone (Go Eleven Ducati) yang tampil luar biasa meski sudah empat tahun tidak balapan secara kompetitif.

Race pertama di Philip Island sendiri memang berlangsung dalam kondisi cuaca cerah meski angin cukup berhembus kencang. Di balapan tersebut juga dilakukan pit stop alias balapan flag to flag karena kondisi trek yang tidak memungkinkan penggunaan satu set ban dalam satu balapan penuh yang berlangsung 20 lap tersebut.

Salah satu kejutan terbesar di race pertama World Superbike tahun ini adalah terjungkalnya Alvaro Bautitsa. Dua kali juara dunia ini terjatuh saat balapan baru memasuki lap keempat. Meski begitu ia masih bisa melanjutkan balapan meskipun harus puas finis di posisi 15.

Race pertama di seri Philip Island ini juga bukan balapan yang mudah bagi Jonathan Rea. Enam kali juara dunia WSBK yang kini membela Pata Yamaha ini tampil kesulitan di balapan debutnya bersama tim "Garpu Tala" tersebut. Ia harus puas finis di posisi 17 tanpa raihan poin.

Sedangkan hasil yang lebih baik diraih oleh Toprak Razgatlioglu. Pembalap yang kini membela tim BMW Motorrad ini berhasil finis di posisi kelima dibelakang pembalap Kawasaki, Alex Lowes yang finis keempat.

Di depan sendiri, Bulega sendiri melakoni balapan yang sejatinya berlangsung sulit. Mantan juara dunia World Supersport ini harus bertarung keras dengan Lowes, Ianone, Locatelli, dan pembalap lainnya.

Kredit juga harus diberikan kepada Andrea Ianone. Empat tahun tidak melakoni balapan apapun secara kompetitif karena tersandung kasus doping seolah tetap menunjukan kualitasnya. Raihan podium di race pertamanya di WSBK seolah menunjukan bukti bahwa dirinya belumlah habis.

Hari ini, para pembalap akan menjalani dua balapan sekaligus. Yang pertama yaitu balapan singkat Superpole Race dilanjutan dengan Race kedua yang berlangsung beberapa jam setelahnya. Menarik untuk melihat persaingan di musim balap terbaru WSBK terhadap tahun ini. [edo/timBX]

Tags :

#
wsbk,
#
world superbike,
#
nicolo bulega,
#
aruba,
#
ducati,
#
philip island