MENU
icon label
image label
blacklogo

Wow, Motor Tua Ini Bisa Terjual 1 Juta Dollar

JAN 30, 2018@09:30 WIB | 135 Views

Kami sudah terbiasa melihat mobil klasik laku terjual jutaan dollar. (Puluhan juta bahkan.) Tapi sepeda motor? Hampir: seseorang baru saja membayar USD 929.000 untuk sepeda motor klasik di balai lelang Bonhams di Las Vegas akhir pekan ini. Sepeda motor yang dimaksud adalah Vincent Lightning 1951, satu dari hanya 30 unit yang dibuat - dimana hanya 19 unit  yang diperkirakan masih ada.

Lightning didasarkan pada Black Shadow legendaris - dianggap sebagai superbike pertama di dunia. Shadow telah terkenal melampaui Jaguar XJ120 (mobil tercepat yang bisa Anda beli) pada 196 km/jam untuk menjadi benda tercepat yang pernah bergerak di atas roda.

Black Lightning membawa hal-hal lebih jauh lagi, dilengkapi dengan mesin yang lebih kuat (naik dari 55 hp menjadi 70 hp) dan dipreteli (dari 207 menjadi 163 kg kosong). Rollie Free terkenal pernah mengendarainya sekali untuk mencatatkan rekor kecepatan di Bonneville pada tahun 1948, hanya memakai baju renang untuk menghemat berat.

Contoh motor inilah yang dipesan oleh Tony McAlpine khusus untuk dibawa ke Australia. Ada Jack Ehret yang melaju dengan rata-rata dua arah 227 km per jam, membuat rekor baru di Australia dan membawanya ke banyak kemenangan berikutnya. Ehret menyimpannya selama hampir setengah abad, membuatnya menjadi satu dari hanya empat pemilik dalam sejarah panjang sepeda motor itu.

"Rollie Free dan Marty Dickerson, keduanya legenda di dunia Vincent, tahu tentang motor ini dan pencapaian Ehret," kata wakil Bonhams, Ben Walker. "Setelah 'Baju Renang Di Atas Sepeda Motor' dikendarai oleh Free, sepeda motor Ehret kemungkinan adalah Lightning Black yang paling penting yang ada dan merupakan salah satu motor yang paling diminati di dunia."

Dengan semua sejarah di baliknya, tak heran Vincent menarik begitu banyak perhatian dari para kolektor, tapi kami tidak yakin ada orang yang mau menghargainya sebanyak itu. Bonhams melaporkan ini sebagai harga tertinggi yang pernah dibayarkan untuk sebuah sepeda motor di sebuah pelelangan, meskipun itu tak melupakan 1976 Harley-Davidson FLH "Captain America" ​​yang dikendarai Peter Fonda dalam film Easy Rider dan terjual pada bulan Oktober 2014 seharga £836,337.

Itu setara dengan USD 1,35 juta pada saat itu, atau USD 1,18 juta pada tingkat saat ini - tapi bagaimanapun juga, itu tidak ada apa-apanya ketimbang USD 929 ribu yang orang itu harus bayarkan untuk Vincent ini. [bil/timBX]

Tags :

#
vincent lightning,
#
1951,
#
black shadow,
#
bonhams