MENU
icon label
image label
blacklogo

WorldSBK: Raih Kemenangan - Jonathan Rea Hentikan Rekor Tom Sykes di Donington Park

MAY 29, 2017@13:10 WIB | 278 Views

Jonathan Rea mampu memenangi pertarungan sekaligus menghentikan laju rekor sembilan kali kemenangan beruntun milik Tom Sykes pada Race 2 World Superbike Inggris yang dihelat di Sirkuit Donington Park.

Dengan raihan kemenangan ini sekaligus untuk membayar kegagalan Rea yang sebelumnya terjatuh saat Race 1 (27/5) kemarin. Dan hasil dari kemenangan ini di WorldSBK Inggris merupakan kemenangan ke-100 untuk pabrikan Kawasaki Racing Team.

Race 2 seolah berjalan begitu mudah bagi Rea. Selepas start, ia langsung menyodok barisan depan di belakang Leandro Mercado dan wild card Leon Haslam. Satu lap berikutnya, Rea menyalip Mercado dan memimpin di depan, sementara Sykes di posisi kelima dan Davies kedelapan.

Memasuki tikungan terakhir, Haslam terjatuh dan menyebabkan Davies melebar. Pembalap Ducati itupun turun di posisi ke-15.  Pada Lap 5, Rea mulai membuat jarak dengan para rivalnya. Ia bahkan telah unggul hampir 2,5 detik atas Michael van der Mark, sebaliknya Sykes masih berjibaku menghadapi perlawanan Marco Melandri untuk posisi ketiga.

Sykes berhasil menyalip Melandri dan lalu mengatasi Van der Mark. Meski telah di posisi kedua, jaraknya terpaut 4,050 detik di belakang Rea yang semakin melaju kencang pada Lap 10. Menjelang delapan lap terakhir, Sykes perlahan namun pasti memangkas jarak dengan Rea.

Kedua pebalap kemudian terpaut 1,114 detik pada dua lap terakhir. Akan tetapi, Rea mampu menjauh dari kejaran Sykes dan akhirnya finis lebih dulu. Dari kemenangan ini, maka Rea mampu menghentikan rekor sembilan kemenangan beruntun Sykes, yang dicetaknya di Sirkuit Donington Park sejak musim 2013.

Podium ketiga direbut Davies yang menyalip Van der Mark di tikungan terakhir pada dua lap terakhir. Alex Lowes finis kelima, di depan Leon Camier dan Xavi Fores. Roman Ramos finis kedelapan. Pebalap Inggris yang tampil dengan status wild card, Jake Dixon, berhasil finis kesembilan. Posisi finis 10 besar dilengkapi Raffaele De Rosa.

Pebalap Honda WorldSBK, Stefan Bradl, finis ke-11. Hasil yang terbilang baik mengingat ia sempat tercecer di posisi ke-18 pada lap-lap awal. Sebanyak delapan pebalap tercatat tidak finis balapan, salah satunya Melandri yang mengalami masalah teknis pada tunggangannya.

Rea memperpanjang keunggulan atas Sykes menjadi 55 poin. Ia kini mengoleksi 260 poin di puncak klasemen sementara. Sykes peringkat kedua dengan 205 poin dan Davies tetap di peringkat ketiga (185 poin).  Seri ketujuh WorldSBK akan dihelat di Sirkuit Misano, San Marino pada 16-18 Juni 2017. [yus/timBX]

Tags :

#
worldsbk,
#
jonathan rea,
#
tom sykes,
#
wsbk,
#
world superbike