MENU
icon label
image label
blacklogo

VinFast Bakal Hadirkan Sebuah Sepeda Motor Listrik, Apa Itu?

FEB 29, 2024@16:00 WIB | 148 Views

Brand otomotif asal Vietnam, VinFast ternyata gak hanya serius mengembangkan kendaraan roda empat atau mobil dengan teknologi listrik. Diam-diam, mereka ternyata juga akan mempersiapkan sebuah produk kendaraan roda dua atau sepeda motor yang juga mengusung teknologi listrik.

Melansir Autocar India, Rabu (28/2/2024), diketahui VinFast mendaftarkan hak paten produk motor listrik mereka. Diketahui, produk sepeda motor listrik pertama dari VinFast ini akan diberi nama Klara S. Disebut-sebut India menjadi negara pertama yang menghadirkan motor listrik ini bukan negara asal mereka, Vietnam.

Dari gambar hak paten yang didaftarkan di India tersebut, terlihat VinFast Clara S bakal mengusung model skutik ala retro modern. Kurang lebih tampilan motor ini mirip-mirip dengan motor-motor dari Vespa maupun Piaggio namun dengan kreasi ala VinFast.

Motor ini disebut-sebut akan ditujukan untuk penggunaan di dalam kota untuk kebutuhan komuter sehari-hari. Gak heran kalau spesifikasi VinFast Klara S ini memang bukan yang termasuk wah. Kemungkinan  motor ini akan memiliki figur tenaga sekitar 3 Kw dengan top speed di 78 km/jam.

Untuk baterai yang digunakan, kemungkinan VinFast Klara S ini akan menggusung baterai berjenis LFP dengan kapasitas 3,5 kWh. Meski baterai yang digunakan tergolong kecil, motor ini kemungkinan punya klaim jarak tempuh yang tergolong jauh hingga 194 Km dalam sekali daya.

Penggunaan baterai LFP ini membuat bobot motor listrik ini termasuk cukup ringan. Motor ini kabarnya bakal punya berat kosong di 122 Kg. Sehingga saat dikemudikan oleh pengendara dengan berat badan rata-rata 65 Kg, diklaim bisa lebih stabil dan punya performa yang lebih optimal.

Tentunya menarik untuk melihat bagaimana kiprah VinFast dalam bersaing di pasar kendaraan listrik roda dua. Terlebih setelah melihat kesuksesan mereka di segmen kendaraan listrik roda empat yang mendapat berbagai sambutan positif di pasar global. [edo/timBX]

Tags :

#
vinfast,
#
sepeda motor,
#
motor listrik,
#
bocoran,
#
hak paten