MENU
icon label
image label
blacklogo

Venturi Atlantique, Ferrari Prancis yang Belum Pernah Terdengar

MAR 08, 2021@12:30 WIB | 267 Views

Prancis adalah negara yang lebih dikenal dengan hot hatchnya daripada mobil sportnya. Itu memang memberi Alpine, dan Bugatti, tepat di ujung skala. Dan untuk sementara waktu di tahun 1990-an, ada: Venturi Atlantique. Nama Venturi mungkin sudah tidak asing lagi jika Anda mengikuti seri balap listrik Formula E, atau memiliki memori penghitung kartu untuk mesin F1 awal 1990-an. Namun pada 1980-an dan 1990-an ia juga membangun serangkaian mobil sport bermesin menengah yang tampak seperti persilangan antara Ferrari 355 dan Lotus Esprit.

Seperti Lotus, mobil ini menampilkan bodi fiberglass dan mesin yang ditempatkan di belakang dua kursi. Di Venturi asli, mesin itu adalah Renault V6 2.5 liter turbocharged yang sama yang digunakan pada saingan Alpine A610, meskipun Alpine bermesin belakang memiliki powertrain terbalik 180 derajat. Mobil yang digambarkan di sini dan ditawarkan untuk dijual dengan harga 39.995 poundsterling (sekitar Rp 792,3 juta) adalah Venturi Atlantique 300 yang kemudian dibangun pada tahun 1998.

Atlantique diluncurkan di Paris Motor Show 1994, memperbarui mobil sport Venturi dengan kurva tahun 1990-an yang lebih lembut yang masih terlihat bagus hari ini, meskipun desain interior pasti terjebak dalam lengkungan waktu pra-milenium.

Selain bodywork baru, Atlantique juga mendapatkan lebih banyak daya tembak di bawah kap mesin dalam bentuk 3.0 liter 24v Renault V6. Mobil yang disedot secara alami menghasilkan 213 hp, tetapi jika Anda ingin performa yang sesuai dengan tampilannya, Anda harus meningkatkan hingga 285 hp Turbo, yang diduga bagus untuk nol-60mph dalam 5,5 detik dan kecepatan tertinggi 174 mph (280 km/jam).

Dan karena yang ini baru menempuh 37.000 mil, ada kemungkinan besar masih bisa mendekati angka itu hari ini. Sebagian besar mobil yang dibuat dilengkapi dengan roda kemudi di sebelah kiri. Tapi ini adalah versi drive kanan langka yang dijual baru di Inggris hanya beberapa tahun sebelum harga Venturi naik turun.

Pada tahun 2000 perusahaan ini dibeli oleh pengusaha jutawan Gildo Pallanca Pastor dan mengalihkan fokusnya ke motor listrik. Venturi Fetish EV dua kursi yang aneh pada awal 2000-an bahkan mendahului roadster asli Tesla. Tapi sekarang, seperti Atlantique, sebagian besar dilupakan. Siapa lagi yang ingin melihat kebangkitan bergaya Alpine dari kematian untuk Ferrari Prancis ini? [ibd/timBX]

Tags :

#
venturi atlantique,
#
ferrari prancis,
#
ferrari,
#
mobil sport