MENU
icon label
image label
blacklogo

Vanguard Roadster 1917 Cc Sportbike Pabrikan Rasa Modif

DEC 03, 2016@15:00 WIB | 665 Views

Vanguard Roadster salah satu brand terbaru yang lahir di Amerika Serikat. Ada tiga varian yang bakal diperkenalkan ke publik pada ajang New York Motor Show. Roadster merupakan naked bike tanpa frame, dengan mesin V-twin berkapasitas 1917 cc.

Yang paling baru dari desain motor Vanguard Roadster ini didominasi oleh warna logam. Untuk velg telah menggunakan bahan alumunium grade pesawat. Terlihat secara keseluruhan cukup memukau dan sangar, karena desainnya yang futuristik benar-benar out of the box.

Dilihat dari desainnya, Vanguard Roadster kali ini termasuk dalam sportbike dan cruiser. Konsep sebelumnya sebuah motor dari alumunium pernah diperkenalkan pada Confederate P120 Fighter Combat pada tahun 2009.

Memang tidak jauh dari catatan tersebut karena  Vanguard CTO, Edward Jacobs sebagai Direktur desain dari Confederate Motorcycle antara 2005 sampai 2011. Faktanya, dalam pembuatan Vanguard melibatkan Francois Xavier Terny seorang CEO FXE Industries, yang juga anggota dewan di Confederate Motorcycle.

Kedua pria ini cukup tertarik dengan logam mesin dan membuat karya nyata motor dengan overengine kokoh. Mesin V-twin dihubungkan dengan 3 clamp, ke single side swingarm, dan roda aluminium yang melengkung.

Mesin motor dimodifikasi teknologi khas negeri Paman Sam S&S X-Wedge, head mesin v-twin 56 derajat, yang merupakan struktur utama motor. Silinder motor membentuk bingkai cradle yang cukup presisi,  sedangkan baut swingarm tepat di belakang silinde. Secara desain hampir tidak menyisakan ruang kosong.

Konsep cruiser dan sportbike cukup kental, karena hanya memberi satu jok yang tipis dan terintegrasi dengan subframe yang menyimpan pipa knalpot. Sentuhan lain pada bagian dashboard, sebuah tablet dengan layar warna juga berfungsi sebagai spion.

Suspensi belakang  menggunakan Ohlins yang terintegrasi dengan poros swingarm. Terlihat seperti tidak mempunyai headlamp, namun enam unit LEDflattest terlihat secara transparan di ruang suspensi depan.

Mesin cantik S&S X-Wedge milik Roadster menggunakan cover tembus pandang, sehingga belt cam drive terlihat ketika mesin dihidupkan. Secara keseluruhan, motor berbobot 250 kg ini didesain dengan sangat kokoh, seakan-akan sanggup bertahan jika berhadapan dengan truk sekalipun. Meski kekuatan power belum diketahui, mesin ci V-Twin akan memberikan torsi lebih dari cukup untuk menjadikannya motor sejati.

Rencananya, motor ini diproduksi pada tahun 2018, dengan harga $29,995 atau  Rp405,6 juta di pasar premium dengan dua model cruiser dan sportbike. Prototype Vanguard Roadster akan bisa dilihat secara langsung tepatnya pada 9-11 Desember 2016 besok, di Javits Center Manhattan. [Ahs/TimBx]

Tags :

#
vanguard roadster 1917 cc,
#
vanguard roadster,
#
vanguard,
#
sportbike