MENU
icon label
image label
blacklogo

Ujicoba Prototype 2022 GSX RR Terbaik Kedua dan Ketiga, Mir Takjub Dengan Inovasi dan Kecepatannya

MAY 12, 2021@10:00 WIB | 537 Views

Uji coba prototype mesin GSX RR untuk musim balap 2022 mengalami peningkatan saat dilakukan pengujian di sirkuit Jerez. GSX  RR yang dikembangkan memiliki karakteristik sama namun dengan kecepatan lebih tinggi dan evolusi yang nyata. Langkah tersebut menjadi terobosan tim Ecstar Suzuki meski baru memasuki seri keempat MotoGP 2021.

Memasuki musim MotoGP yang baru empat balapan, mesin GSX RR 2022 akhirnya berhasil diujicobakan dengan meraih kecepatan tertinggi. Langkah ini sedikit tertunda akibat pandemic Covid 19, namun kami sedikit lega karena hari ini kami mencatatkan catatan yang baik, dan kami menjadi terbaik kedua dan ketiga," tutur Joan Mir yang menjadi tercepat ketiga dibelakang Vinales dan Rins.

Pengakuan Mir menjalani serangkaian test di Jerez tidak bisa diremehkan. Pasalnya, Mir mengikuti race line yang bagus. Meski peningkatan sedikit bukan langkah besar tim Suzuki, tetapi kecepatan lebih meningkat, dengan karakter yang sama dan evolusinya yang tidak bisa diremehkan. 

Rins, menutup latihan dengan tercepat kedua dan menghentikan pengujian pada sore hari menuju ke Barcelona untuk pemeriksaan bahu setelah dirinya terjatuh dalam latihan bebas," tambah Mir. 

Antara Rins dan Mir juga berhasil membandingkan mesin untuk 2021 dan 2022, kedua pebalap terus mengerjakan set-up GSX-RR mereka menjelang Grand Prix Prancis akhir pekan depan.

"Kami mengerjakan set-up dalam hal suspensi dan beberapa hal kecil, dan saya merasa kami telah meningkatkan basis kami. Saya dapat mengatur waktu cepat bahkan pada ban bekas, lebih cepat dari kemarin, jadi saya senang dengan hasil, "kata Rins, yang terjatuh dan dipasang kembali pada balapan hari Minggu.

Mir, menempati posisi kelima dalam balapan dan sekarang mendiami klasemen keempat dalam kejuaraan dunia, berkesempatan melatih geometri feel motor disisi depan selama 64 lapnya.

"Saya bisa mencoba geometri yang berbeda pada motor dan saya merasa cukup baik, itu langkah yang baik untuk merasakan ban depan sedikit lebih banyak, bagian depan motor sedikit lebih rigid," kata Mir.

"Biasanya, untuk mendapatkan lebih banyak perasaan, Anda memberi sedikit lebih banyak beban di bagian depan. Dan biasanya yang terjadi dalam kasus ini adalah Anda kehilangan pegangan di bagian belakang. Apa yang kami lakukan adalah kami mengubah geometri sedikit dan kami mengimbanginya dengan spesifikasi yang berbeda di bagian belakang, guncangan yang berbeda, dan hal-hal yang berbeda, dan kami mampu menjadi sangat kompetitif."

Pada dua tikungan keluar terakhir, Mir sangat terkesan karena mencatatkan lap time di 1'37 selama 20 lap. "Mampu keluar di tikungan akhir saya kembali di 1'37s, tapi tidak dengan ban 20 lap. Saya cukup senang pencapaian itu. Untuk persiapan balap di Le Mans, ini sangat penting, di Le Mans kami selalu merindukan perasaan ini dengan bagian depan. Kami meningkatkannya di sini. Jadi itu hal yang baik untuk Le Mans." [Ahs/timBX]

Tags :

#
seri motogp lemans 2021,
#
suzuki ecstar,
#
alex rins,
#
joan mir,
#
gsx rr 2022