MENU
icon label
image label
blacklogo

Twin Turbo, Mazda Miata 1990 Bertenaga V8 Besutan Ryan Hamilton

MAY 23, 2021@18:00 WIB | 374 Views

Akhir-akhir ini dunia restomod, OEM + Projects, dan tradisi membangun yang benar sedang populer. Namun tidak kalah menyenangkan menjelajahi sesuatu yang lebih ekstrem, seperti twin turbo pada Mazda Miata 1990. Anggap ini sebagai latihan yang berlebihan, sebuah kreasi yang barangkali akan membuat orang-orang terkesan tiada habisnya.

Ryan Hamilton, sang pemilik Miata tersebut adalah sosok yang bertanggung jawab membangun sendiri setiap aspek mobil secara keseluruhan. Ia terbilang sudah berpengalaman dalam hal memadukan grunt domestik dengan sasis asing. Sebelumnya ia membangun Audi B5 A4 bertenaga V8, yang akhirnya dia tukarkan ke seorang teman untuk mendapatkan roadster ini.

"Mobilnya dimulai dengan turbo 1.8 tapi kebosanan muncul, jadi saya menariknya dan memasukkan LS, secara alami disedot pada awalnya." Tutur Ryan seperti dilansir Super Streetonline.

Menghadirkan GM yang termasyhur ke hampir semua jenis sasis mungkin bukan hal baru bagi BlackPals, tetapi luangkan waktu sejenak untuk memikirkan output torsi mesin itu ke roda belakang mobil yang mendidih tepat di atas 2,100lbs.

"Saya melakukan turbo dengan satu BW300 setelah seorang teman menyuruh saya berhenti menggurutu, dan saya mengendarainya selama satu musim dengan knalpot CD009 6-speed dan keluar spatbor. Musim dingin berikutnya, saya menggunakan twin turbo untuk menyeimbangkan ujung depan dan memberikan lebih banyak tekanan." Kata Ryan yang menggandrungi tantang baru.

Sekali lagi, ini terbilang suatu pelajaran yang berlebihan. Jika faktanya tudung tidak muat di atas binatang bertenaga LM7 ini, maka dual Borg Warner S300 harus memberi petunjuk calon pesaingnya. Keberadaan 'snails' pada lampu flip-up pernah ada berkat manifold turbo buatan Ryan. Bahkan, ada pula wastegate TiAL ganda dan katup pelepas, twin waste dan pipa knalpot, serta  Holley high-ram intake manifold yang besar.

Bersamaan dengan adopsi turbo kedua dan semua kerumitan yang menyertainya, Ryan membuang transmisi Nissan untuk Turbo 400 dengan konverter torsi TCI untuk menangani amukan yang dihasilkan kombinasi mesin baru. Custom 15x10 Belak bead-locks mengamankan tubuh Mickey Thompson ET Street yang berada di bawah lengkungan belakang yang diperpanjang dan terlihat gila seperti yang diharapkan, karena mereka mengangkat bagian belakang mobil dan menghindari kontak dengan bukaan roda yang diperbesar.

Soft glow yang mengelilingi masing-masing turbo inlet adalah hasil produksi Ryan saat bersantai. "Lingkaran cahaya legendaris itu muncul saat saya duduk di sofa sambil melihat LED bulat." Lalu ditambatkan ke tempatnya tepat sebelum filter layar jala Turbo Guard yang memberikan tampilan menakutkan dan telah menjadi semacam merek dagang untuk mobil.

Kemudian interior yang lucu dan kuno sudah lama hilang, digantikan oleh kartu pintu aluminium, panel ramping untuk dasbor yang menampung serangkaian sakelar dan pengukur, dan sepasang jok Kirkey yang ringan dengan tali pengaman Sparco. Karpet pabrik dan beberapa bagian pabrik kecil tetap ada, tetapi sebagian besar kabin telah diubah menjadi motif bisnis.

Jadi, mobil ini telah mengalami banyak perubahan sejak Ryan memegang kendali dan dengan kemampuannya merancang dan mengelas apa pun yang dia bayangkan. "Itu selalu berubah - saya tidak bisa meninggalkan apa pun sendirian. Saya berencana untuk akhirnya pergi dengan balok besar dan blower, dan mengembalikan separuh mobil dengan Ford 9-in." Pungkas Ryan. [asl/timBX]

Tags :

#
twin turbo,
#
mazda miata 1990 bertenaga v8,
#
mazda miata 1990,
#
mazda,
#
ryan hamilton