MENU
icon label
image label
blacklogo

TVR Akan Luncurkan SUV dan Sedan Elektrik Tahun 2024

AUG 02, 2022@19:30 WIB | 292 Views

TVR melalu jalan yang panjang dan berliku untuk kembali ke pasaran otomotif global. TVR sempat hilang dan muncul kembali setelah diakuisisi pada tahun 2013 oleh Les Edgar.

Sebuah purwarupa bermesin V8 hasil kerja sama dengan Gordon Murray dan Cosworth sempat terungkap pada tahun 2017. Kini mobil sport tersebut telah dikonfirmasi bahwa akhirnya mencapai tahap produksi, dengan versi listrik yang akan menyusul kemudian.

Dan sementara pabrikan asal Inggris tersebut telah dikenal secara global sebagai pembuat mobil sport, banyak hal akan berubah setelah kembalinya merek tersebut secara resmi pada tahun 2024. Produk sedan dan SUV listrik akan menyusul diproduksi setelah peluncuran mobil sport mereka.

"Namun, yang terpenting, kami sekarang memiliki investasi yang tepat dan rute yang tepat untuk membangun masa depan yang berkelanjutan dengan kendaraan listrik, disitulah peran Daniel Layton dan perusahaannya masuk. Kami siap untuk mulai bekerja di pabrik dan membangun menuju peluncuran mobil terbaru kami di tahun 2024," kata Edgar.

Daniel Layton adalah pimpinan Grup Ensorcia di mana anak perusahaannya Ensorcia Metals yang merupakan pabrik lithium Amerika Selatan mencapai kesepakatan pada pertengahan November 2021 dengan TVR, dan bekerjasama dalam produksi mobil sport TVR EV.

Mobil sport TVR Griffith V8 yang akan debut sebelum versi listriknya akan menggunakan platform yang dirancang Murray. TVR Griffith akan menggunakan mesin Coyote 5.0 liter dengan 493 hp yang dikirim ke roda belakang melalui gearbox manual enam kecepatan. Versi EV juga akan menggunakan platform yang sama.

Namun, TVR dikatakan sedang dalam pembicaraan dengan mitra yang "sangat mapan dan terkemuka di dunia" untuk platform model masa depannya. Jika ini berhasil, ini bisa mendukung sedan dan SUV yang akan datang.

Untuk saat ini, yang pasti adalah bahwa TVR tidak berhenti di Griffith versi V8 dan EV, dengan tujuan untuk menjadi pabrikan mobil mewah dunia. [ibd/dera/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
tvr,
#
ev,
#
suv,
#
sedan,
#
griffith