MENU
icon label
image label
blacklogo

Triumph Fast Racer, Modifikasi Ciamik dari Rusia

JUN 17, 2019@18:00 WIB | 889 Views

Rusia bukan hanya dikenal dengan sup Borscht, Vodka dan Oscarworthy. Dalam beberapa tahun terakhir, ada nama builder Ziller Garage dengan modifikasi motornya yang mendunia. Kali ini kami memperkenalkan modifikasi dari Moscow Timokhin Custom Design (TCD)  dengan obyek Triumph Thruxton 900 yang mengadopsi gaya pesawat jet ini.

TCD kependekan dari Timokhin Custom Design, sebuah builder yang telah menghabiskan waktunya untuk menghasilkan gaya  trackers dan bobbers dengan sentuhan mood yang agresif. Kelebihannya hampir semua sektornya dikerjakan secara handmade.  Kali ini TCD mengenalkan modifikasinya bergaya caferacer.

 Motor EFI Triumph Thruxton 900, dipersembahkan kepada kliennya, seorang yang bekerja di bidang penerbangan, namun saat weekend tiba, sang owner juga hobi balap. Menggabungkan unsur karir di aeromodeling , dan balap di sirkuit sesuatu yang  tidak bersinggungan. Namun TCD mampu mengkombinasikan ide-ide positifnya dari sebuah lembaran aluminium.

Langkah pertama adalah mengurangi garis  klasik British. Dengan sebuah tangki yang dibangun cukup ramping, mengambil gaya kotak nan sudah dipermak sedemikian rupa menjadi bentuk aerodinamis, dengan tetap menempatkan full pump dibawahnya secara estetis.

Lihat bagian saddle yang tipis, bersambung dengan tudung buritan khas café racer, diselesaikan dengan garis tipis putih yang cukup baik, dan bertumpu pada sebuah subframe kokoh tegak. Meski tidak dibuat dengan gaya lurus, namun style subframe bergaya bengkok ini masih senada dengan gaya café secara total. Dengan gaya minimalis, tentu semakin memotong banyak berat beban saat diproduksi secara parbikan.

Gaya khas cafer racer memang tidak harus mengikuti pakem yang sudah-sudah. TCD kembali mengingatkan kita pada gaya jet pada masa awal, tidak lancip dibagian hidungnya. Beberapa sentuhan intake dibagian bawah lampu dan headlight rakitan menggunakan LED yang dipasang cukup rapi. Spionnya telah dilengkapi dengan indikator LED.

Disamping fairing tertulis fast racer, suspense depan upside down, dan swingarm yang dibuat ulang, dengan mengandalkan beban pengendara pada monoshock. Suspensi depan mengadopsi Marzocchi yang mempunyai kemampuan rebound lebih baik, dan swingarm yang dibuat secara handmade.

Sistem pengeremannya menggunakan cakram 320 mm kembar, dengan memperbantukan caliper Brembo. Ban depan menggunakan velg 17 inci begitu juga dengan ban belakang.  Knalpot free flow yang menghasilkan suara menggelegar, dipadukan dengan filter karburator K&N.

Hasil mesin dyno menunjukkan angka yang fantastis. Tenaga yang dihasilkan lebih dari 70 hp dengan penggerak belakang, dan torsi lebih dari 70 hp.  Modifikasi TCD pada Fast Racer Thruxton 900 menjadi bagian modifikasi yang cukup ciamik, terutama cara mereka  mengurangi bobot secara potensial. [Ahs/timBX]

Tags :

#
triumph thruxton,
#
fast racer,
#
timokhin custom design,
#
triumph thruxton 900,
#
rusian builder

RELATED ARTICLE