MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Yaris vs Honda Jazz, Hatchback Mana Yang Terbaik Menurut Blackpals?

DEC 29, 2020@12:00 WIB | 1,021 Views

Penjualan hatchback di Tanah Air memang cukup tinggi dibandingkan beberapa model lainya, namun pertumbuhan penjualan setiap tahun tentunya menjadi kabar baik bagi semua segmen mobil. Pertumbuhan penjualan untuk segmen hatchback ukuran menengah tentunya merupakan pertanda baik bagi kehidupan segmen yang pada awalnya tidak mendapatkan banyak penjualan. Namun demikian, pertumbuhan lalu lintas di wilayah metropolitan juga menjadi salah satu alasan utama mengapa semakin banyak orang memilih hatchback, karena kenyamanan berkendara yang mereka tawarkan di ruang sempit.

Dua pesaing paling menonjol di pasar tentunya adalah Toyota Yaris dan Honda Jazz. Mari kita lakukan perbandingan cepat dari kedua pesaing dan lihat, mana yang merupakan hatchback yang lebih baik dalam hal mengemudi, kenyamanan dan kehandalan. Untuk perbandingan ini dipilih dari varian teratas untuk kedua mobil; Jazz 1.5 V CVT dan Yaris 1.5 G AT karena kisaran harga yang sama.

1. Mesin

Mesin adalah hal pertama yang ingin diperhatikan saat membeli mobil karena penampilan mobil bergantung pada selera pribadi seseorang. Meskipun keduanya dapat dianggap sama-sama tampan, mesin mereka jelas terpisah beberapa mil. Yaris memiliki fitur combo 1.3 liter dan 1.5 liter VVT-i, memberikan banyak keserbagunaan pada kendaraan dan menjaga pilihan yang lebih banyak bagi pembeli. Jazz di sisi lain hanya ditawarkan dengan mesin i-VTEC 1,5 liter tunggal. Sangat jelas bahwa mesin 1,5 liter akan memberikan tenaga yang lebih besar daripada mesin 1,3 liter pada Yaris. Meski demikian, kehadiran drivetrain yang lebih kecil tentunya bisa menjadi faktor utama jika Yaris keluar sebagai buku terlaris di segmennya.

Membandingkan mesin 1.5 liter pada kedua kendaraan, Toyota VVT-i menghasilkan tenaga 105 hp dengan torsi 141 Nm. Sedangkan mesin Jazz menghasilkan 118 hp dengan torsi 146 Nm. Meskipun output mesin sedikit berbeda pada kedua kendaraan, performanya hampir mirip karena Jazz menjadi kendaraan yang lebih berat. Namun, kecepatan tertinggi untuk kedua kendaraan juga berbeda karena Jazz dapat melaju 180 km / jam, sedangkan Yaris hanya dapat melaju 166 km / jam tanpa mengalami goyangan.

Kesimpulan: Honda Jazz memenangkan putaran karena tenaga mesinnya seimbang dengan berat badannya yang menghasilkan jelajah yang mulus dan mudah.

2. Kenyamanan Interior

Kedua pabrikan berjanji untuk menawarkan kenyamanan dan kemewahan terbaik di kelasnya, dan telah memastikan bahwa mereka membingungkan pembeli di setiap lini. Interior Jazz mungkin akan terasa sedikit lebih mewah jika dilihat dari kualitas jok dan jumlah kaki serta ruang kepala yang ditawarkan untuk penumpangnya. Di sisi lain, interior Yaris bergantung pada varian yang Anda pilih untuk dibeli karena varian entry level tidak memiliki banyak pernak pernik untuk meningkatkan kenyamanan berkendara. Desain dasbor pada Yaris mungkin terasa sedikit terlalu sederhana dibandingkan dengan Jazz yang memiliki dasbor yang dipahat dengan baik yang juga memiliki tempat cangkir praktis di dekat kemudi untuk menambah kenyamanan. Cup holders gagang pintu juga dibuat miring sehingga dapat digunakan tanpa benturan dengan gagangnya. Ada cup holder pada dashboard Yaris juga yang bisa digeser keluar untuk digunakan, tetapi ditempatkan di jok penumpang depan, menjadikannya hanya tipu muslihat dan bukan aksesori praktis.

Untuk bagasi, Jazz akan menawarkan 359 liter ruang penyimpanan default dibandingkan dengan bagasi Yaris 326 liter. Dengan boot space yang lebih besar dan interior yang lebih menarik, Jazz akan terasa sedikit lebih premium dan lebih lega dibandingkan Toyota Yaris. Tempat duduknya nyaman di kedua kendaraan, tetapi kursi belakang Jazz telah dilengkapi sandaran kepala ULTR khusus yang dapat disesuaikan untuk meningkatkan kenyamanan.

Kesimpulan: Jazz memenangkan kategori ini juga karena gaya yang lebih menarik namun praktis, dengan ruang yang lebih besar untuk boot.

3. Kepraktisan

Apa yang Yaris tidak bisa lakukan dengan gaya dibandingkan dengan Honda Jazz, itu jelas meratakan peluang meskipun kepraktisan yang ditawarkannya. Karena bodinya yang lebih ringan dan eksterior yang lebih kompak, Yaris terasa lebih cepat dengan mesin 1,5 liter dibandingkan dengan Jazz. Seperti yang sudah disebutkan, hanya ada sedikit perbedaan antara handling kedua mobil tersebut. Jarak sumbu roda Yaris yang lebih panjang membuatnya jauh lebih stabil dibandingkan dengan bodi besar Jazz dan jarak sumbu roda pendek. Selain itu, jarak sumbu roda Jazz yang lebih kecil tidak terlalu membantu mengurangi radius putar 5,1 meternya, yang sama dengan Yaris. Karenanya, Yaris akan merasa jauh lebih baik dalam bermanuver di ruang sempit karena ukurannya yang ringkas.

Kedua kendaraan dilengkapi dengan gearbox manual 5 kecepatan standar pada varian dasar. Tapi Honda Jazz 1.5 V ditawarkan dengan unit CVT dibandingkan dengan transmisi otomatis 4 kecepatan pada Yaris 1.5 G AT. CVT tidak hanya membuat penggerak Jazz lebih mulus daripada Yaris, tetapi jauh lebih baik dalam mengatur rasio roda gigi daripada otomatis 4 kecepatan biasa dan menawarkan kontrol yang jauh lebih baik pada kecepatan variabel.

Putusan: Ini akan menjadi seri karena ukuran Yaris yang lebih kecil membuatnya lebih mudah dikendarai di kondisi perkotaan. Namun transmisi CVT Jazz bersama dengan bobotnya yang terdistribusi dengan baik juga memberikan pengalaman berkendara yang sama menyenangkan seperti Toyota Yaris.

Kesimpulan

Persaingan ketat antara kedua pesaing karena hanya ada sedikit perbedaan dalam handlingnya. Kekurangan Yaris dalam gaya membuatnya cocok untuk performa dan keandalannya. Namun demikian, Jazz 2020 jelas merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda ingin mencari tenaga, gaya dan kemewahan, bersama dengan banyak kepraktisan dan ruang interior. Tetapi jika Anda masih ingin memeriksa spesifikasi masing-masing, Anda juga dapat melihat perbandingan terperinci mereka.

Untuk harga, Honda Jazz 2020 dibandrol mulai dari harga Rp250,2 juta, sedangkan Toyota Yaris 2020 ditawarkan mulai dari harga Rp263,4 juta. [ibd/timBX]

Tags :

#
toyota yaris vs honda jazz,
#
toyota yaris,
#
honda jazz,
#
atchback