MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota War: Saat Mobil SUV Berhasil Mengalahkan Tank Baja

MAY 20, 2022@18:00 WIB | 143 Views

Konflik antara Chad dan Libya yang meletus dari 16 Desember 1986 hingga 11 September 1987 menyisakan cerita yang menarik untuk dibahas. Konflik ini secara resmi disebut sebagai perang Chad-Libya, namun ada satu elemen penting yang membuat perang ini dikenal sebagai “Toyota War”.

Walaupun dinamakan “Toyota War”, pihak Toyota sebenarnya tidak terlibat secara langsung dalam konflik ini. Perang yang terjadi di Chad Utara ini dinamakan Toyota War, karena pihak Chad menggunakan mobil SUV Toyota secara besar-besaran sebagai kendaraan tempur. Mobil-mobil pabrikan Toyota yang digunakan pada saat itu bahkan bukan mobil khusus spesifikasi militer, melainkan mobil-mobil produksi massal.

 

Selain untuk mengangkut pasukan, Toyota Land Cruiser 40 Series, Land Cruiser 60 Series, Land Cruiser 70 Series dan Hilux 4x4 yang digunakan pada saat konflik ini, juga dijadikan kendaraan tempur yang dipasangkan senapan mesin dan juga meriam. Dengan berbekal mobil-mobil buatan Toyota ini, tentara Chad bisa mempertahankan wilayahnya dari serangan tentara Libya. Menurut beberapa cerita yang beredar, mobil-mobil Toyota ini bahkan sanggup meluluhlantahkan tank baja ringan yang dikerahkan oleh Libya.

Tidak ada data pasti mengenai berapa banyak SUV Toyota yang dikerahkan oleh Chad saat perang ini berlangsung. Walau demikian, konflik ini seakan-akan membuktikan durabilitas dan ketangguhan produk-produk keluaran Toyota. [fdlh/era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
toyota,
#
toyota war,
#
toyota land cruiser 40 series,
#
toyota land cruiser 60 series,
#
toyota land cruiser 70 series,
#
toyota hilux 4x4