MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Recall 661.000 Truk dan SUV Karena Kegagalan Gandar dan Masalah Transmisi

FEB 29, 2024@21:21 WIB | 147 Views

Hanya dalam hitungan hari, Toyota telah melakukan 2 recall yang mencakup lebih dari setengah juta kendaraan. Secara total, terdapat 661.663 truk dan SUV yang berpotensi terkena dampak, dan kedua penarikan tersebut terkait dengan driveline.

Penarikan kembali yang pertama dilakukan untuk pikap Tacoma yang diproduksi tahun 2022 dan 2023. Total jumlah unit yang di recall sebanyak 381.000 unit.

Dalam sebuah pernyataan, perusahaan tersebut mengatakan rakitan gandar belakang pada beberapa truk mungkin memiliki sisa-sisa pengelasan di ujungnya, yang tertinggal selama proses pembuatan. Hal ini dapat menyebabkan mur penahan menjadi kendor dan mungkin lepas. Jika hal ini terjadi, Toyota menyatakan stabilitas kendaraan dan performa pengereman mungkin akan terkena dampak negatif.

Saat ini belum ada informasi mengenai potensi kecelakaan atau cedera yang mungkin telah terjadi. Pengumuman penarikan resmi dan dokumen terkait melalui Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional (NHTSA) belum dirilis. 

Untuk saat ini, dealer Toyota akan memeriksa rakitan gandar belakang untuk mencari komponen yang kendor dan mengencangkan kembali atau mengganti item sesuai kebutuhan. Pemilik akan diberitahu tentang masalah ini mulai bulan April.

Penarikan kedua sedikit lebih kecil, yaitu 281.663 kendaraan. Tapi itu mencakup lebih banyak model. Toyota Tundra (termasuk Tundra Hybrid) dan Lexus LX600 dari tahun 2022 hingga 2024 serta Sequoia untuk tahun 2023 dan 2024 dapat mengalami pergerakan yang tidak terduga jika dipindahkan ke netral. 

Menurut Toyota, cakram kopling pada transmisi mungkin tidak langsung lepas pada posisi netral. Hal ini dapat menyebabkan kendaraan bergerak maju secara perlahan, hingga 4 mph. Toyota tidak menyebutkan adanya cedera atau tabrakan terkait masalah ini, namun ada lima laporan lapangan dan satu klaim garansi.

Perbaikan ini tidak serumit perbaikan Tacoma. Pembaruan perangkat lunak pada ECU transmisi akan mengatasi masalah ini. Dealer diberitahu pada tanggal 21 Februari; pemberitahuan pemilik akan dimulai pada bulan April.

Meskipun 661.000 kendaraan yang ditarik kembali merupakan jumlah yang sangat banyak namun itu belum bisa mengalahkan rekor recall oleh Ford. Merek yang berbasis d Dearborn itu mencatatkan rekor dengan menarik kembali 2 juta unit Explorer di awal tahun 2024. [wic/timBX].

Tags :

#
toyota,
#
recall,
#
toyota tacoma recall,
#
lexus lx600 recall