MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky dari Jepang Kini Tersedia Dengan Powertrain Hybrid

NOV 02, 2021@16:00 WIB | 165 Views

Toyota Raize dan Daihatsu Rocky telah menerima serangkaian update kecil untuk 2022 termasuk penambahan "e-SMART" range-extender hybrid powertrain.

Opsi hybrid baru ini menggabungkan mesin tiga silinder 1.2 liter naturally-aspirated yang baru dikembangkan yang tidak terhubung ke roda tetapi digunakan untuk mengisi baterai lithium-ion 4,3 Ah yang terletak di bawah kursi belakang. Motor listrik dengan tenaga 105 hp (78 kW / 106 PS) dan torsi 170 Nm (125 lb-ft) menggerakkan roda depan, sehingga tidak memerlukan gearbox.

Hasilnya, pengalaman berkendara sangat mirip dengan BEV (Battery Electric Vehicle), meskipun ada suara bising dari ICE dalam hal responsivitas dan torsi. Pengemudi juga mendapat manfaat dari fitur Smart Pedal (S-PDL) yang memungkinkan penggerak satu pedal. Toyota mengklaim konsumsi bahan bakar rata-rata hibrida adalah 3,57 lt/100km (65,9 mpg) diukur dalam siklus WLTC. Selain penambahan varian hybrid, kedua model juga akan tersedia hanya dengan mesin tiga silinder 1,2 liter, yang menawarkan peningkatan efisiensi termal dan ditawarkan secara eksklusif sebagai 2WD dengan gearbox CVT.

Baca juga: Sistem Infotainment Baru Tundra 2022 Akan Dipakai di Semua Model Toyota

Toyota belum memberi kami angka daya/torsi untuk mesin bensin baru ini tetapi mengklaim bahwa mesin ini memiliki konsumsi bahan bakar WLTC 4,83 lt/100 km (48,7 mpg) dan manfaat dari “high power performance” dan “improved acceleration in the low-speed range”. Mesin tiga silinder 1.0 liter turbocharged yang ada dicadangkan untuk varian 4WD, sekali lagi dikawinkan dengan gearbox CVT.

Perlengkapan standar termasuk Smart Assist dengan improved collision warning dan penghindaran tabrakan yang ditingkatkan yang sekarang dapat mendeteksi pejalan kaki dalam gelap. Selain itu, adaptif cruise control (ACC) memiliki “stop holding function” baru berkat adopsi rem parkir elektrik, dan mendukung “all-speed tracking”.

Baca juga: Toyota Soarer, Mobil Dua Pintu Tahun 1980-an

Toyota dan Daihatsu juga menambahkan fungsi welcome light yang menyalakan lampu kabin ketika pemilik mendekati kendaraan yang terkunci dengan kunci. Varian hybrid juga hadir sebagai standar dengan outlet aksesori AC100V, 1.500W yang dapat digunakan sebagai sistem system. Model tersebut sudah tersedia di Jepang, dengan harga mulai dari 2.163.000 yen (Rp 272 juta) untuk Toyota Raize Hybrid dan dari 2.116.000 yen (Rp 266 juta) untuk Daihatsu Raize Hybrid.[ibd/timBX]

Tags :

#
toyota,
#
mobil toyota,
#
harga mobil toyota,
#
toyota raize,
#
daihatsu rocky,
#
powertrain hybrid