MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota bZ4X Akan Hadir Dengan Varian GR?

JUN 19, 2022@11:00 WIB | 151 Views

Toyota Gazoo Racing menjadi berita utama beberapa tahun yang lalu dengan GR Yaris yang berfokus pada performa, tetapi perusahaan tersebut sekarang sedang mengerjakan sesuatu yang sangat berbeda yaitu varian dari crossover bZ4X. Apa yang bisa membuat EV bermerek GR pertama akan menjadi kenyataan jika para insinyur Toyota berhasil mengekstraksi kinerja yang cukup dari bZ4X, untuk menghidupkan nama Gazoo Racing.

Tampaknya konsep Toyota bZ4X GR Sport dari Tokyo Auto Salon 2022 Januari lalu bukan hanya mobil pamer, karena pembuat mobil Jepang itu memperlihatkan ide versi produksi. Toyota tidak mempublikasikan detail apa pun tentang powertrain konsep tersebut tetapi memamerkan bagaimana bZ4X terlihat dengan velg berdiameter besar, suspensi yang lebih rendah, dan lencana GR. Seperti dilansir Autocar, tantangannya adalah memastikan bZ4X yang ditingkatkan mampu menghadirkan dinamika berkendara yang serupa dengan kendaraan bermerek GR lainnya.

Daisuke Ido, chief engineer yang bertanggung jawab atas keluarga model bZ, mengakui bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan mekanik GR, tetapi proyek tersebut masih belum merupakan "ide konkret". Tidak jelas apakah Ido berbicara tentang GR full-blown atau versi GR Sport yang lebih ringan, tetapi keputusan ini mungkin sangat bergantung pada kemampuan model akhir.

Bagaimanapun, tim ingin membuat bZ4X cepat yang kuat di tikungan dan menawarkan pengalaman menyenangkan di belakang kemudi, dengan lebih banyak tenaga dan torsi dari powertrain listriknya.

Saat ini, bZ4X dual-motor paling bertenaga menghasilkan 215 hp (160 kW / 218 PS) dan torsi 336 Nm (247 lb-ft), sementara Lexus RX450e sanggup menghasilkan 309 hp (230 kW / 313 PS) dan 435 Nm (321 lb-ft) torsi. Arsitektur e-TNGA, yang juga akan menopang semua model bZ masa depan, mampu menghasilkan kinerja yang lebih baik.

Contoh sempurna adalah konsep Toyota GR Sports yang diluncurkan pada Desember 2021 bersama dengan serangkaian EV, kemungkinan menampilkan penerus listrik MR2. Toyota GR bZ4X seharusnya lebih fleksibel dari itu, mempertahankan perannya yang serba bisa sebagai harian meskipun harus bekerja ekstra.

Daisuke Ido mengatakan, dengan platform e-TNGA untuk seri bZ Toyota dapat menawarkan beberapa variasi, dan berbagai macam produk, mungkin beberapa jenis mobil sporty, atau mungkin mobil besar untuk fasilitas, meskipun ia tidak membenarkan rumor tersebut. "Itu tidak berarti kami akan melakukan itu, karena ini hanya imajinasi saya untuk saat ini," tambahnya. Selain arsitektur e-TNGA yang dirancang untuk model kompak dan menengah, Ido menegaskan bahwa Toyota juga sedang mengerjakan platform listrik yang lebih kecil. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
toyota bz4x gr,
#
toyota bz4x,
#
toyota