MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota Aygo X 2022 Debut Sebagai Mobil Kecil Dengan Kepribadian Besar

NOV 05, 2021@19:00 WIB | 182 Views

Toyota mengembangkan dua generasi pertama dari mobil terkecilnya di Eropa dengan bantuan Peugeot dan Citroen (sekarang bagian dari Stellantis), tapi itu tidak lagi terjadi pada Aygo baru karena ini adalah upaya all-Toyota. Dua mantan merek Grup PSA telah memutuskan untuk keluar dari segmen tersebut, tanpa penggantian 108 dan C1, sehingga Aygo harus menghadapi lebih sedikit pesaing.

Selain menghindari koneksi Prancis, model mungil Toyota yang serba baru ini bahkan mengubah kepribadiannya dengan mengadopsi akhiran "X" untuk mencerminkan peralihannya dari hatchback ke crossover. Meskipun masih sesuai dengan definisi model segmen A di Benua Lama, Aygo X jauh lebih besar dari pendahulunya.

Dengan panjang 3.700 milimeter (145,6 inci), city car yang tidak terlalu kecil ini memiliki panjang 235 mm (9,2 inci) lebih panjang dari model yang digantikannya, dengan bentangan 90 mm (3,5 inci) pada wheelbase untuk ruang kaki yang lebih besar. untuk penumpang yang duduk di belakang.

Saking besarnya sekarang, Toyota merasa cocok untuk memasang velg 18 inci, dengan finishing hitam matte dengan aksen oranye (Mandarina) yang kontras. Aygo X menggunakan platform GA-B dan terus menawarkan atap kain yang dapat ditarik untuk mempertahankan suasana terbuka dengan model generasi ketiga. Meskipun ukurannya melompat secara signifikan, ia memiliki lingkaran putar hanya 4,7 meter (15,4 kaki), sehingga membuatnya ideal untuk jalanan kota yang padat dengan jalan-jalannya yang sempit dan sibuk.

Kabinnya hampir sama eloknya dengan eksterior, menampilkan aksen berwarna cerah dan dasbor yang menampung layar sentuh sembilan inci. Meskipun merupakan penawaran entry-level Toyota di Eropa, Aygo X masih mendapatkan pencahayaan ambient dan pengisian nirkabel, belum lagi lampu depan full LED dan bahkan dukungan untuk pembaruan over-the-air.

Ada juga beragam teknologi keselamatan termasuk adaptive cruise control, night pedestrian detection, bantuan pelacakan jalur, dan deteksi pengendara sepeda siang hari. Toyota Aygo X didukung oleh mesin bensin 1.0 liter yang disedot secara alami dengan 72 hp (53 kW) pada 6.000 rpm dan 93 Nm (69 lb-ft) pada 4.400 rpm. Unit tiga silinder bekerja dengan gearbox manual lima kecepatan atau transmisi variabel kontinu.

Transmisi manual memungkinkan crossover kecil / hatchback high-riding untuk mencapai 62 mph (100 km / jam) dari posisi diam dalam 15,6 detik yang sangat lambat sementara CVT memangkas sepersepuluh detik. Kecepatan tertinggi adalah 98 mph (158 km/jam) dengan manual dan 94 mph (151 km/jam) sedikit lebih rendah untuk model yang dilengkapi CVT.

Toyota telah mengambil kepemilikan penuh atas pabrik di Republik Ceko di mana model Peugeot dan Citroën dulu dibuat sebagai bagian dari usaha patungan 50:50 yang sekarang sudah tidak berfungsi. Itu sudah membuat Yaris supermini generasi terbaru di sana, dengan Aygo X yang dirancang Euro akan segera menyusul untuk bersaing di segmen A yang dijernihkan. Penjualan diprogram untuk dimulai pada tahun 2022. [ibd/shf/timBX]

Tags :

#
aygo,
#
toyota,
#
toyota aygo