MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota 86, Karma Body Kit

JAN 19, 2021@18:00 WIB | 144 Views

Seri mobil sport dari toyota sebenarnya tak hanya sebuah Supra yang terkenal itu. Toyota 86 pun sebenarnya temasuk mobil kenamaan sport milik pabrikan Jepang tersebut, yang patut diperhitungkan. Bahkan, kembaran Subaru BRZ ini sering kali terlihat berlalu lalang dengan “tubuh” yang sudah di modifikasi. Ada Rocket Bunny hingga Aimgain yang sering kita lihat sebagai bodi kit mobil ini. namun, satu karya anak bangsa ini juga tak boleh dilupakan yaitu Karma Body Kit.

Ya, hasil karya dari Kiki Anugraha ini melekat bagus di Sedan Sport miliknya tersebut. Ternyata perjalanan ia melakukan modifikasi bukan baru ini saja, melainkan sejak lama dengan mobil pertama Om Kiki.

“Saya itu sudah “diracuni” modifikasi dari orang tua dan abang. Dari SD sudah tahu brand aftermarket mobil. Nah kita mulai modifikasi pribadi sendiri itu pakai Toyota Agya, dan mulai dengan velg replika pada waktu itu. Kemudian Honda HR-V dan terakhir FT 86,” kata Kiki membuka obrolan.

Di tanya kenapa memilih Toyota 86, ia mengatakan bahwa mobil besutan Toyota tersebut merupakan mobil dua pintu yang masih sangat teerjangkau ketimbang mobil lainnya. Selain itu, uniknya Toyota 86 adalah bisa diarahkan menjadi JDM ataupun stance. Keseruan inilah yang memikat Kiki mengambil Toyota 86.

“Saya dulunya senang ke stance. Bodi kit yang sesuai waktu itu adalah Rocket Bunny. Saya ambil V2 karena bumpernya berubah dan lebih menarik. Kemudian saya kepikiran untuk mengganti bodi kit, dengan mendesain sendiri dan dijual luas,” lanjutnya.

Memang banyak pertentangan ketika ia membuat bodi kit miliknya. Menurutnya bodikit buatannya menggunakan strategi, dengan menggabungkan kekurangan dari beberapa desain bodi kit kenamaan. Total waktu dalam mengembangkan bodi kit ini selama enam bulan.

“Kita memang mendesain ini agar mobilnya bisa mengarah ke JDM atau bergaya stance,” lanjutnya.

Biru, yang menjadi warna di mobil karena memang menjadi warna kesukaan dari pengusaha satu ini. agar menarik, ia mencampurkannya ke dalam warna custom yang disebut candy look. Untuk kap mesin sendiri, menggunakan Varis Toyota 86/ZN6 Carbon Fiber, dengan bahan carbon sendiri yang di cat sewarna dengan bodi mobil. Bahan carbon lainnya yang masih “ori” itu tersisip di bagian lips.

Alasannya di cat sewarna bodi, lantaran Om Kiki sendiri demen dengan konsep clean tapi tetap agresif. Untuk kaki-kaki sendiri, ia menggunakan SSR Formula Mesh 19” Step Lip bergaya sportyu racing, dengan Camber yang lebih naik, ketimbang model sebelumnya.  Suspensi udara menggunakan Airlift 3H, dengan menanamkan sensor di kaki-kaki agar lebih presisi ketika “memainkan” air suspensionnya.

Mesin sendiri menggunakan part-part aftermarket, namun tetap menggunakan mesin standar agar mempertahankan suara yang keluar dari knalpot. Nah, berbicara mengenai Exhaust sendiri, Om Kiki menggunakan racikan knalpot dari Tech Pro yang ternyata produksi dalam negeri.

“Saya lebih suka menggunakan produk anak bangsa. Saya lebih suka support produk lokal yang kualitasnya bagus. Ban juga menggunakan accelerra sampai ketika menjual, saya juga mengirimkan sampai ke luar negeri,” kata Kiki.

Budget? Kiki Anugraha tidak bisa merincikan detail, karena alasannya adalah modifikasi tidak bisa dihitung dengan uang. Pria satu ini menikmati proses modifikasi, karena hal tersebut tidak akan berhenti di satu titik saja, melainkan akan terus berlangsung dan update. Tapi, untuk biaya bodi kitnya sendiri, Kiki menyebutkan angka USD 3.000 atau sekitar Rp 42 jutaan.

“Saya tidak menghitung besaran budget modifikasi, karena bagi saya menikmati proses modifikasi lebih nikmat. Kalau kita tekan budget modifikasi sekian, dan sudah selesai, terus kita mau main apalagi bro? jangan membangun mobil secara totalitas, bangunlah mobil secara bertahap,” katanya.[prm/timBX]

Spesifikasi

Kaki-Kaki

Air Suspension: Airlift 3H Airsus

2 Viair corp air compressor

2 tank seamless

Support camberkit airforce

Cusco Camber Kit

Cusco Lower Arms

Cusco Power Brace

Cusco Under Brace

Cusco Front Strut Bar

Cusco Rear Strut Bar

Alcon Big Brake Kit 350mm 6pot & 4pot

Exterior

KARMA Kiki Anugraha X Monaco Auto Design

Varis Toyota 86/ZN6 Carbon Fiber Cooling Bonnet

Carbon Fiber Side Vents

Silk blaze wing mirror

Oem 86 facelift 2018 Tail Lamp 

6000k Philips HID Both Headlights and Fog Lights

Carbon splitter

Carbon side skirt

Carbon Difusser

Repaint to Blue Skydweller By Autospot

Interior

Shift knob ARC

Carbon Fiber door handle trim

Carbon Fiber Shifter Trim

Carbon Fiber Steering Wheel Trim

Carbon Fiber Dashboard Trim

Carbon Fiber AC Trim

TRD Red Engine Start Button

TRD Door Stabilizer

Cusco Handbrake Button

86 Logo Steering Wheel, Originally Was a Toyota Logo

Sound System

JBL. Split GT 608C Speakers

Rockford Fosgate Power 300,4

Rockford Fosgate P1. 10” Subwoofer

Performance

CUSCO Intake Hose

CUSCO Oil Catch Can(OCC)

CUSCO Battery Tie Down

SAMCO Radiator Hose

SARD Carbon Intake Pipe

SARD Cooling Reserve Tank

ARC Super Induction Box

Carbon Fiber Engine Cover

Carbon Fiber Fuse Box Cover

Carbon Fiber Pulley Cover

Carbon Fiber Generator Cover

TRD Radiator Cap

TRD Fuel Cap Cover

Tomei Unequal Length Exhaust Manifold

Exhaust Techpro valvetronic

AVO Silicon Sound Pipe

Pivot Throttle Controller

Pivot MegaRaizin

Toda Coils

Wheels :

SSR Formula Mesh 19” Step Lip

F : 11jj et -40

R : 12jj et-38

Accelera PHIr 265/30/19

Accelera PHIr 285/3019

Lugnut 326 power crown edition

Tags :

#
autonews,
#
drive it,
#
toyota 86,
#
karma body kit