MENU
icon label
image label
blacklogo

Toyota 2000GT, Mobil Legendaris yang Telah Berumur 55 Tahun

JUL 17, 2020@15:30 WIB | 306 Views

Toyota 2000GT, mobil legendaris berumur 55 tahun itu nampak terlihat lebih baik daripada kebanyakan model 2021.

Pernah mendengar tentang Toyota 2000GT? Ini mobil yang cukup terkenal, terutama untuk penggemar James Bond. Versi convertible dari mobil super sport Jepang diciptakan untuk film You Only Live Twice. Ini adalah mobil pertama kali diluncurkan pada tahun 1965 yang membuka jalan bagi semua mobil sport Toyota, termasuk Supra dan Toyota 86.

Yang mengesankan, bukan hanya mobil balap tercepat yang diproduksi oleh Toyota pada saat itu, kecepatan yang mencapai 128 mph (206 km/jam) yang dikembangkan dalam pemecahan rekor selama 10 bulan. Di era digital segala sesuatu saat ini, hal ini masih akan sangat luar biasa, tetapi 55 tahun yang lalu, waktu penyelesaian seperti itu sudah sangat fenomenal.

Tidak hanya mobil yang dikembangkan dalam sekejap mata untuk disajikan di Tokyo Motor Show 1965, tetapi juga dilengkapi dengan bantuan Yamaha. Jika Anda ingat, kemitraan ini berlanjut, dengan Yamaha membantu beberapa dekade kemudian dengan pengembangan supercar Lexus LFA yang luar biasa cemerlang . Tetapi kembali ke 2000GT, produksi berakhir pada musim gugur 1970 setelah tiga tahun produksi, karena mobil itu hanya tersedia di dealer dari tahun 1967. Hanya 351 unit yang di produksi, menjadikan ini salah satu mobil paling langka di dunia. Sekarang, dua contoh versi balap telah diperoleh oleh Toyota Collection yang terletak di Cologne, Jerman.

Mempertimbangkan bahwa 2000GT adalah Toyota paling mahal saat ini, tidak mengherankan bahwa ia termasuk ke dalam koleksi. Tetapi mobil ini juga layak menjadi mobil Asia pertama dengan kaca depan kaca melengkung yang indah. Sebagai mobil balap, itu juga sangat mengesankan, mengklaim kemenangan ganda pada balapan 1.000 kilometer pertama Suzuka pada bulan Juni 1966. Ini sebagian berkat berkat masukan dari Caroll Shelby yang legendaris yang juga mempersiapkan tiga mobil balap. Pembalap ini mencapai kecepatan 155 mph. Dengan warisan seperti itu, museum sepertinya tempat yang tepat untuk generasi mendatang untuk belajar tentang epik 2000GT.

Tags :

#
toyota,
#
toyota 2000gt,
#
mobil legendaris,
#
james bond,
#
mobil super sport