MENU
icon label
image label
blacklogo

The Brain Eraser, Modifikasi KTM RC8R Menjadi Cafe Racer DRC 017

NOV 28, 2017@21:00 WIB | 437 Views

DNA Filters, sebuah pabrikan filter untuk motor, mobil, ATV dan RC  diluar kebiasaannya membangun modifikasi motor bergaya café racer. Perusahaan yang berbasis di Athena, Yunani akhirnya mendirikan DNA Motorsport Engineer untuk bisa tampil di EICMA, dengan nama DNA Motorsport Engineer. Sebuah motor superbike KTM RC8R dibangun ulang menjadi café racer dengan nama DRC-017.

CEO DNA, Dino Nikolaidis dan Marios akhirnya harus menanggalkan mesin CX500 milik Honda yang telah dibelinya. Ia dan anaknya lebih memilih mesin KTM RC8R.  Mesin yang dibeli bulan Desember 2016, harus selesai dengan  di bulan Mei untuk tampil pada  7-12 November 2017 kemarin. Tenggat waktu 5 bulan harus membuat Nikolaidis segera melepaskan parts, motor Austria tersebut.

Menanggalkan semua part pabrikan. Kini KTM RC8R hanya menanggalkan sasis frame dan mesin. Kemudian menaburkan cat, dengan teknik powder coated dengan warna black charcoal kemudian difinishing sand blasting dengan percikan metal partikel.

Kemudian tim DNA membangun tangki bahan bakar, real cowl dan underseat unit. Dengan fasilitas selengkap manufaktur, memiliki mesin CNC dan pengalaman luas di bidang 3D CAD. Tim dari Nikolaidis membangun ulang bodi dengan menggunakan aluminium grade aerospace.

Mesin CNC bekerja selama 400 jam membangun billet block seberat 146 kg berbahan 5083 H112 aluminium alloy.  Hasilnya, tangki yang dibangun menggunakan model 1970-an, mampu menampung bahan bakar 11 liter dan berat hanya 3,6 kg.  Agar ringan dinding tangki dipressing dengan alloy hingga dinding tangki tinggal 2 mm. Kemudian difinishing dengan menggunakan clear anodizing agar tidak cepat berkarat.

Dibagikan kunci kontak telah menggunakan dua fungsi, sebagai saklar motor dan menyalakan mesin tanpa kabel dengan teknologi konektivitas NFC.  Bagian part yang lain dibuat dari aluminium alloys, seperti sub frame, footpegs dan rearsets, damper brackets, headlight frame , both fenders, dan harness box.

Untuk penampilan, mesin KTM telah dikembangkan oleh teknologi DNA, dengan knalpot Akrapovic Evo 4 Titanium yang biasa digunakan untuk kelas World Superbike.  Nah soal air filter ini menjadi ciri khas DRC-017. Filter tersebut milik Air Box Kit Stage 3 MK3 yang memenangkan penghargaan tahun 2012 untuk KTM 990. Meski tidak memiliki fungsi khusus, air filter tersebut terlihat cukup iconic. Sebelumnya DNA Filters telah ikut dalam World Endurance Champhionship dengan tim Yamaha French GMT94, yang telah mendapatkan penghargaan Reddot Award untuk produk filternya.

Setelah dinyatakan selesai, DCR-017 diimplant Dynojet, menghasilkan power 186 hp dan torsi 133 Nm.  Meski jumlah power DCR-017 tidak mencapai rata-rata motor superbike yang mencapai  200 hp, namun tetap saja motor ini hanya memiliki berat 162 kg yang membuat daya tarik. “Kami telah menghapuskan system keamanan elektronik, tidak ada ABS dan tidak ada traction control.  Setiap orang yang mencobanya mempunyai reaksi tersendiri. Mereka merasa kesulitan, sejak itu kami namakan Brain Eraser,” tutur Marios Nikolaidis.

Tidak ada rencana membangun DCR-017 untuk masal. Jadi jangan ditanya kapan sampai ke negara Anda. Kecuali ada tawaran kerjasama pabrikan dari pihak KTM sendiri, namun Marios tidak ingin membangun ulang motor dengan biayanya sendiri.[Ahs/TimBX]

Tags :

#
auto news,
#
cafe racer,
#
dna motorsport,
#
drc-017,
#
brain eraser