MENU
icon label
image label
blacklogo

Test Drive Suzuki Ignis: Beragam Gaya dan Juga Lincah di Jakarta

APR 26, 2017@20:00 WIB | 863 Views

Beberapa waktu lalu PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) resmi meluncurkan produk terbaru-nya, Suzuki Ignis. Model ini hadir dengan tampilan desain unik yang akan menyasar untuk Anda yang berjiwa muda.

Setelah resmi dikenalkan, PT SIS mengajak puluhan awak media untuk menguji ketagguhan city car ini. Blackxperience berkesempatan menguji Suzuki Ignis di jalan Ibukota yang terkenal  padat dalam acara media test drive Selasa (25/4) kemarin. Sebanyak 15 unit Suzuki Ignis yang diuji media berkeliling Jakarta, Start dan Finis di Art Hotel Thamrin, Jakarta Pusat.

Kesan pertama melihat sosok Suzuki Ignis mempunyai tampilan yang unik dan juga stylish, dimana city car ini sudah dibekali dengan lampu LED Projector & Daytime Running Light berbentuk U. Selain itu ground clearance agak tinggi plus terdapat roof rack.

PT SIS juga menambahkan warna hitam doff pada body moulding dan overfender yang hasilnya dapat mempertegas konsep crossover pada Suzuki Ignis. Kendati demikian,  kami lebih senang menyebutkan Suzuki Ignis adalah sebuah city car bukan SUV Urban, hal ini dikarenakan melihat dimensinya yang cukup mungil.

Menariknya, bagian belakang Suzuki Ignis telah mengadopsi desain model 70-an yakni Suzuki Cervo atau SC100. Kei car coupe lawas tersebut memang mempunyai buritan yang unik dengan lekukan garis dibagian belakang yang hampir sama dengan Suzuki Ignis.

Masuk kebagian kabin, kami tidak puas dengan desain yang di adposi Suzuki Ignis karena memiliki warna two tone hitam dan putih terlihat lebih sederhana. Head unit yang terpisah dari dasbord yang hanya bisa mengakses radio dan pemutar music melalui flash disk dengan format MP3 dan tidak bisa menggunakan CD.

Dibalik kemudi, kami disajikan panel instrument yang dapat memberikan informasi tentang baterai aki, immobilizer, power steering, ABS, hand break, oli indicator, RPM meter, Speedometer, Sefety Belt hingga airbag.

Selain itu lingkar kemudi kini sudah tersemat kontrol Multi Information Display (MID), audio serta terkoneksi dengan ponsel untuk menerima dan menolak panggilan telepon.

Setelah puas mengeksplore bagian luar dan dalam Suzuki Ignis, tiba saatnya kami menguji ketangguhan city car ini. Mobil yang kami kendarai yakni Suzuki Ignis GX MT, bertransmisi manual. Setiap tim ditantang berkendara menuju tempat yang sudah di tentukan untuk melakukan aktivitas masyarakat.

Seluruh tipe Suzuki Ignis sudah dilengkapi dengan fitur keyless entry level. Dimana pengendara cukup meletakan kunci di kotak yang berada dibawah panel Ac atau head unit. Kami pun langsung menekan kopling dan rem, kemudian menekan tombol start/stop untuk menghidupkan mesin berkapasitas empat silinder K12M berkapasitas 1.197cc didukung Variable Valve Timing (VVT) dan  juga DOHC.

Suara mesin yang halus dan tidak sama sekali masuk kedalam kabin. Kemudian tuas transmisi kami geser ke gigi 1, kopling dibuka secara perlahan dan diimbangi dengan gas. Kami langsung merasakan akselerasi yang lembut. Meskipun memiliki torsi yang cukup rendah, namun tenaga yang dihasilkan lebih bertenaga.  Namun sayang dengan kemacetan Ibukota Jakarta kami pun tidak bisa merasakan secara penuh performa city car ini.

Namun disamping itu, city car berlogo S ini dengan asik diajak meliak-liuk untuk melibas kemacetan kota Jakarta itu. Selain itu mobil ini juga sangat bersahabat untuk diajak menikung. Sayangnya suspensi yang telah disematkan pada Suzuki Ignis ini terasa sangat keras. Jadi ketika bertemu polisi tidur, pita kejut, atapun jalanan rusak akan terasa keras.

Jika Anda berminat untuk memboyong Suzuki Ignis PT SIS menawarkan tiga pilihan yakni tipe GL MT dilepas dengan harga 139.500.000, untuk tipe GX MT dihargai dengan harga Rp 159.500.000 dan tipe GS AGS dengan harga Rp 165.500.000. [ddy/timBX]

Tags :

#
suzuki ignis,
#
suzuki,
#
blackauto,
#
test drive,
#
city car