MENU
icon label
image label
blacklogo

Terjatuh Dua Kali di Le Mans, Rins Tercecer di Posisi 12 Klasemen

MAY 18, 2021@16:00 WIB | 297 Views

Nasib tim Suzuki di GP Lemans, terbilang sial. Kedua pembalapnya, Alex Rins dan Joan Mir tak mampu meneruskan balapan, karena terjatuh. Joan Mir bakal masuk pit untuk berganti motor GSX-RR yang menggunakan ban slick akhirnya terjatuh karena hujan deras yang mengguyur sirkuit. Sementara Alex Rins mengalami jatuh bangun hingga dua kali, dan berstatus DNF.

Race Director memuturskan  balapan berlangsung dalam kondisi Dry Race. Situasi cuaca saat itu cukup menggantung, karena kondisi aspal yang mengering, disisi lain, kondisi langit dipenuhi awan tebal memutih.

Memasuki laps ke-3, Alex Rins yang start dari grid 14 mampu merangsek ke-3 besar, membuntuti Quartararo dan Miller di barisan depan. Marq Marquez tercatat dibelakang Rins dan saling menguntit. Keempat pembalap berhasil masuk pit dan berganti dengan motor dengan setingan ban basah. Sementara Mir yang berusaha menuju pitstop malah tergelincir.

Joan Mir cukup kecewa dengan kejadian tersebut, karena motornya tak mampu mengantarkannya ke pit stop. "Saya kecewa,  saya tidak menyangka terjadi crash, karena banyak air di lintasan, sementara ban yang kami gunakan slick," aku Mir yang sudah berjuang di top ten saat itu.

Saat itu peluang besar Mir adalah mengantarkan motor GSX-RR dengan setingan ban kering menuju pit stop tim Suzuki. Namun dengan motornya yang sudah terjatuh dan mengalami kerusakan mengakibatkan Mir pergi ke pitstop dengan berjalan kaki. 

Marquez kembali memimpin balapan di lap 7 dibuntuti Quartararo. Sayangnya harus jatuh di tikungan terakhir di lap ke-8. Sementara Alex Rins masuk pistop untuk kedua kalinya dan melanjutkan balapan hingga balapan sisa 12 lap, dan terjatuh untuk kedua kalinya.

"Saya bisa merangsek ke 3 besar dengan melewati 10 pembalap di lap pertama. Namun saat masuk ke pit Stop dan saya mengganti motor begitu cepat, saya memulihkan satu posisi, dan kemudian kecelakaan bodoh lagi," ungkap Rins.


"Benar bahwa saya sering mengalami crash musim ini, saya menerima semua kecelakaan yang tidak kami alami dalam dua tahun terakhir," tambahnya. 

"Agak sulit mengumpulkan poin, apalagi dengan 3 kecelakaan dalam 3 balapan terakhir, itu tidak mudah. ​​Bagi saya itu juga sulit. Tapi saya akan berusaha untuk melakukannya. bertarung di Mugello. Hanya ini yang bisa kita lakukan sekarang, " tutup Rins. 

Joan Mir dengan tidak mengumpulkan poin di Lemans, menepati klasemen ke 6 dengan 49 poin. Sementara Alex Rins yang tahun lalu bisa menduduki klasemen ke-4 di akhir musim, hanya bertengger di posisi 12 dengan 23 point, tertinggal 57 point dari Quartaro di puncak klasemen. [Ahs/timBX]

Tags :

#
alex rins,
#
joan mir,
#
tim suzuki motogp,
#
seri motogp le mans 2021