MENU
icon label
image label
blacklogo

Tercepat, Nakagami Asapi 6 Pembalap Spanyol di FP1 MotoGP Styria

AUG 06, 2021@16:11 WIB | 285 Views

Empat rider Spanyol dari berbagai pabrikan MotoGP kuasai free practice 1 yang baru saja berlangsung.  Sementara data yang mengejutkan adalah 10 besar pembalap berada di gap waktu yang cukup tipis, 1 menit 23.800. Tipisnya gap ini membuat peta pertarungan di Red Bul Rings menjadi cukup menarik, dan masing-masing riders punya kans memperbaiki catatan waktu untuk starting grid di posisi besar.

Raihan paling depan dikuasai  oleh Nakagami, Jepang dari tim LCR Honda dengan catatan waktu 1 menit 23.805 detik. Disusul oleh rider Suzuki sekaligus petahana Joan Mir yang menguntit dengan catatan waktu 0.076 detik. Sebelumnya Mir sempat menjadi yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 24.428 detik. Namun catatan tersebut diambil alih oleh Nakagami.

Hal yang mengejutkan adalah tampilan impresif dari Alex Espargaro yang membuntuti Mir dengan gap waktu 0,378 detik. Itu artinya Aprilia GS-GP21 tampil cukup impresif, setelah melalui perbaikan positif melalui pengujian driver Dovi.  Posisi berikutnya diisi oleh Alex Rins yang melesat tercepat keempat, dengan gap waktu 0.416 detik dibelakang mantan pembalap Suzuki tersebut. 

Duo rider Honda pabrikan, Pol Espargaro dan Marc saling membuntuti diposisi 5 dan 6 dengan catatan waktu 0,449 detik dan 0,670 detik.  Raihan ini menegaskan bahwa tampilan Honda tidak bisa diremehkan di sirkuit yang berdekatan dengan kota Spielberg, Austria.

Tidak terlihat pembalap Ducati kecuali Johan Zarco yang berada diposisi ke 9 dengan gap 0,775 detik. Duo pembalap Yamaha Vinales dan Quartararo saling berbagi gap tipis dengan catatan waktu 0.687 detik dan 0.775 detik. 

Pemenang balapan Red Bull Ring tahun lalu belum terlihat taringya di 10 besar FP1 ini. Kecuali sang veteran Dani Pedrosa sebagai wild card menempatkan posisinya di 10 besar dengan gap 0,836 detik.


Bila hasil tersebut kembali tervisualisasi di sesi kualifikasi, itu artinya peta kekuatan motor dan rider di Red Bull Rings benar-benar berubah. Dominasi Ducati, KTM yang saling bergantian menyabet podium tahun lalu sudah tidak menjadi rujukan, kecuali Mir yang pernah sukses di podium 2 dan 4.  Selamat Nakagami, Anda telah mengasapi 5 pembalap Spanyol dari berbagai pabrikan Suzuki, Aprilia, Honda, Yamaha, Ducati dan KTM. [Ahs/timBX]

Tags :

#
fp1 redbull rings,
#
free practice spielberg,
#
nakagami,
#
joan mir,
#
alex espargaro,
#
alex rins