MENU
icon label
image label
blacklogo

Spider, Honda CB750 F2 Dibuat Khusus Oleh KrisBiker

SEP 11, 2020@13:00 WIB | 430 Views

Kisah Spider dimulai sebagai model reguler tahun 1995 dalam keluarga CB750 F2 Honda.

Seorang ahli bedah sepeda motor berkebangsaan Polandia, Krzysztof Rogalinski, menangani tugas penting untuk merombak kendaraan roda dua ini. Tak perlu diragukan tentang karya spektakulernya memiliki sesuatu yang berbeda, namun sebagai perbandingan, kita akan mulai dengan melihat sekilas kemampuan motor aslinya.

Meskipun MY '95 CB750 F2 tidak persis seperti yang kita anggap mengesankan atau inovatif dalam hal apa pun, itu juga tidak mengecewakan sepenuhnya.

Motor ini digerakkan oleh mesin empat langkah DOHC inline-four, dengan kapasitas 747cc yang besar. Pada 8.500 revs, mesin berpendingin udara akan menghasilkan tenaga hingga 73 hp, disertai dengan output torsi 46 pound-feet (62 Nm) pada 7.500 rpm.

Kemudian, mesin ini dilengkapi dengan empat karburator berukuran 34 mm (1,34 inci) yang membantunya bernapas dengan mudah. Untuk drivetrain CB750 F2, gearbox manual 5-speed memungkinkan tenaga mesin dialihkan ke roda belakang melalui penggerak akhir rantai.

Di depan, seluruh struktur bertumpu pada sepasang garpu teleskopik 41 mm (1,6 inci), digabungkan dengan peredam kejut ganda yang dapat disesuaikan di ujung yang berlawanan. Roda depan menggunakan cakram rem kembar 296 mm (11,65 inci), ditambah dengan kaliper dua piston. Di sisi lain, kita akan melihat satu rotor 240 mm (9,45 inci) dan kaliper satu piston di bagian belakang.

Krzysztof Rogalinski (alias KrisBiker) mengkhususkan diri dalam memulihkan sepeda motor dari segala bentuk dan ukuran. Namun, ia memutuskan untuk melakukan upaya yang lebih kreatif dan dialirkan dengan Honda CB750 F2 ‘95 yang biasa-biasa saja baik.

Pertama, ia memodifikasi rangka motornya untuk mengakomodasi tangki bahan bakar CB550 F tahun 70-an, serta sadel satu kali yang sesuai dengan estetika yang diinginkan. Kemudian dilanjutkan dengan memasang satu set garpu Gixxer baru, bersama dengan sepasang shock Ohlins.

Spider berjalan di atas roda multi-spoked Excel 17 inci, ditambah ban Night Dragon dari Pirelli. Di bagian depan, roda dibalut dengan cakram ganda 318 mm (12,5 inci) dan bantalan rem Brembo, ditambah dengan kaliper CBX750 dan satu cakram rem baru di bagian belakang.

Dalam hal kelistrikan inline-four F2, Rogalinski mengolahnya hingga restorasi penuh dan mengkalibrasi ulang karburatornya untuk mengoptimalkan perilakunya. Untuk melengkapi semua ini, dia menggunakan finishing satin black, serta sistem pembuangan four-into-oneaftermarket yang menjamin peningkatan kinerja.

Selanjutnya, ia memindahkan komponen listrik ke swingarm yang dimodifikasi Spider dan melengkapi kreasinya dengan kit pencahayaan LED lengkap. Selain pengurangan berat yang cukup besar yaitu 46 lbs (21 kg), Honda CB750 F2 yang terlahir kembali ini membanggakan diri dengan setang clip-on Accel. [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
honda cb750 f2,
#
krisbiker,
#
krzysztof rogalinski,
#
modifikasi spider,
#
modifikasi motor