MENU
icon label
image label
blacklogo

Space Air Aeroworks, Modif Bodykit Karbon yang Ga Ada Batas

FEB 22, 2021@20:07 WIB | 170 Views

Space Air Aeroworks punya ceruk market yang unik. Dominasi bodykit karbon untuk mobil cenderung dikuasai aftermarket Jepang. Dengan desain mandiri, membuahkan hasil yang cukup memuaskan customer. 

"Desain kami jaga dari replika, tapi kalau mendekati titik agresifitas menjadi lebih maksimal.  Kami jaga secara look dan desain rendering tidak jauh beda, mulai dari fullkit, diffuser, sideskirt, front lips, dan ducktail. Pengerjaan durasi 1 bulan dengan karbon di beberapa titik atau painting biasa," tutur Rexy, punggawa Space Air Aerowork.

Dunia modifikasi dimulai Rexy sejak rilis terakhir game Need for Speed membuat acuan-acuan modifikasi bodykit semakin membuka kans untuk diaktualiasasikan ke ranah nyata. Menurutnya modifikasi tetap menjanjikan untuk membikin sesuatu yang baru dan radikal. 

Dirinya menekankan ke kustomer setelah mobil keluar dari workshop ini, carilah hatters sebanyak-banyaknya. "Bermula dari hatters, dari situ, ada satu dua orang yang akan mendukung desain bodykitnya," cetus Rexy. Untuk menghindari plagiat, dirinya berusaha menaikkan satu 1 level dari model-model yang menjadi rujukan.

Targetnya, Space Air Aerowork memproduksi bodykit yang bebas adjustment. Melihat saat dikontes modifikasi mobil banyak dinilai, Rexy ingin eksplorasi bodykit tanpa batas. "Saat ada customer bawa gambar modifikasi tertentu, sekedar Saya tahu arah modifikasinya seperti apa, untuk memperkecil frame gaya modifikasinya, tidak ada niat untuk bikin replika brand-brand tertentu," aku Rexy.

Soal kualitas, Rexy menggunakan bahan e-glass. Materi yang digunakan oleh produksi bodykit karbon kelas dunia seperty Liberty Walk atau Varis Jepang. Sementara unit mobil yang paling mewah masuk ke tangan Rexy adalah Lamborghini Gallardo Valentino Balboni Edition, yang sudah diconvert ke Super Trofeo. "Pengerjaannya body super trofeo untuk front lips dan diffuser digunakan material carbon. Dengan catatan tidak ada unsur replika, karena bodykit sudah dibuat ulang dengan material karbon," tambah Rexy.

Selain Lamborghini, ada brand yang sudah dipercayakan seperti Audi, BMW dan VW. Sementara naluri bro Rexy  sendiri lebih condong ke gaya JDM. "Jika disuruh pilih desain bodykit untuk M4 atau Mazda RX8, dengan senang hati saya memilih RX8, karena secara pengerjaan lebih mudah dari garis body dan lebih dinamis.  Sedangkan, gaya mobil eropa lebih muter otak, dengan line body yang halus, cukup effort untuk mendesain agar lebih galak," jelas Rexy.

Gaya mobil Jepang yang paling diminati Rexy mulai dari Mazda RX8 hingga Nissan Fairlady 350, Toyota Supra MK5. "Untuk bodykit paling mudah RX8 karena mobil ini yang nganterin Saya kecemplung di dunia otomotif modifikasi," harap Rexy  ke car enthusiast di tanah air.

Rentang harga yang ditawarkan mulai Rp4,7 juta untuk lips. Diffuser start dari Rp5,7 juta. Sedangkan kap mesin Rp14 juta, dengan catatan  kualitas material, luar dan dalam benar-benar karbon untuk menjaga durabilitas body.

Untuk part interior, Rexy menyanggupi. Namun dengan catatan, tidak bisa mencetak baru seperti original part. Alasan yang masuk akal ketika Rexy tidak bisa menjamin kekuatan klip hingga beberapa waktu. 

"Satu contoh bikin klip terlalu kuat, namun mengganjal airbags saat kondisi darurat itu malah menyulitkan customer sendiri. Jadi sekedar melapisi karbon itu lebih baik dan fungsional. Kalau doorpanel seperti gagang pintu saya lebih percaya diri," tambahnya. 

"Kita awalnya kembangkan bodykit dari material carbon 3D printing karena sesuatu yang baru di Indonesia. Namun secara hasil tidak seluwes hasil handmade. Kemudian mesin 3D printing ini kita kembangkan  untuk part-part engine yang presisi, karena raw materialnya mampu bertahan hingga suhu 350 derajat celcius. Seperti snorkle untuk SUV, termasuk intake box, pipa intake, airbox intake, dengan gaya fungsional non estetika," tutup Rexy.

Modifikasi bagi Rexy tetap bebas, tidak ada batasan simple atau ekstrim. Jangan sampai modifikasi hanya bergantung pada desain yang main aman, sekedar trend atau seekstrim apapun. Jangan ragu bagi car enthusiat untuk membawa Mazda RX8 untuk modifikasi ke Space Air Aeroworks ya Black Pals. [Ahs/timBX] 


Alamat : DUTA INDAH, Jl. MH. Thamrin No.46, RT.003/RW.002, North Panunggangan, Pinang, Tangerang City, Banten 15143

Tags :

#
modifikasi bodykit,
#
modifikasi mobil,
#
bodykit karbon,
#
karbon e-glass,
#
space air aeroworks,
#
bodikit ekstrim