MENU
icon label
image label
blacklogo

MotoGP: Soal Balapan Tanpa Penggemar, Begini Kata The Doctor

MAY 05, 2020@14:00 WIB | 177 Views

Valentino Rossi mengakui perlombaan MotoGP di balik pintu tertutup pada tahun 2020 akan menjadi hal yang ‘memalukan’, tetapi mengakui bahwa ini merupakan alternatif yang lebih baik daripada tidak memiliki acara sama sekali.

Pandemi virus corona telah memaksa pembatalan atau penundaan 11 balapan pembuka musim 2020, dengan akhir Juli menjadi tujuan untuk memulai MotoGP, dengan sekitar 10-12 balapan yang berpusat di Eropa.

Karena langkah-langkah physical distancing di seluruh dunia, balapan hampir pasti dijalankan tanpa kehadiran penggemar. Serta balapan di balik pintu tertutup, beberapa balapan di satu trek telah diperdebatkan oleh penyelenggara MotoGP (Dorna Sports).

Rossi mengatakan dia tidak tertarik pada gagasan itu ketika ditanya dalam sebuah wawancara yang diselenggarakan oleh Yamaha terkait pemikirannya tentang saran yang dibuat untuk menjadi tuan rumah musim 2020.

"Bagi saya, cara terbaik adalah memulai (musim) pada Agustus atau September dan mencoba membuat 10 atau 12 balapan di sirkuit terbaik di seluruh dunia, di mana memiliki kondisi terbaik," kata juara dunia MotoGP tujuh kali tersebut.

"Jadi, kita bisa mulai pada bulan September dan mungkin juga selesai pada bulan Desember yang mungkin di Australia atau Thailand, di mana balapan juga berlangsung untuk bulan Desember.

"Saya harap tidak ada beberapa balapan di trek yang sama, dan saya juga tidak suka balapan ganda di akhir pekan yang sama seperti di Superbikes.

"Bagi saya, mungkin lebih baik membuat delapan akhir pekan yang nyata, dengan 10 atau 12 putaran jika berada di trek balap terbaik.

"Dan juga, jika membalap di balik pintu tertutup, itu memalukan bagi semua orang karena kami berlomba untuk para penggemar, tetapi lebih baik balapan dengan pintu tertutup daripada tidak ada balapan sama sekali."

Rekan setimnya di Yamaha, Maverick Vinales, merasa akan ‘sempurna’ jika MotoGP dapat menjalankan paruh kedua musim seperti sebelum krisis, dan merasa akan ‘sulit’ untuk melakukan balapan dua kali dalam satu sirkuit.

"Saya sepenuhnya setuju dengan Rossi, karena akhirnya kami harus balapan, kejuaraan harus terus berjalan, semua pabrik harus bekerja dan melakukan putaran di trek karena saat ini mereka dihentikan," kata Vinales. "Dan juga untuk kita, untuk para penggemar, mereka bisa menonton di rumah.

"Seperti yang dikatakan Valentino, akan memalukan (untuk balapan tanpa penggemar) karena kami berlomba untuk penggemar dan untuk semua orang di sana (sirkuit) mengawasi kami.

"Bagi saya, akan baik jika kita bisa memiliki bagian kedua musim ini, itu akan sempurna. Dan tentu saja akan sulit untuk balapan dua kali dalam satu trek.” [dhe/asl/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
balapan tanpa penggemar,
#
valentino rossi,
#
the doctor,
#
motogp 2020