MENU
icon label
image label
blacklogo

SmartDrive dan Mobileye Mampu Reduksi Kecelakaan Lalu Lintas Hingga 75%

MAR 31, 2019@11:00 WIB | 1,549 Views

Setiap mobil baru yang diluncurkan secara natural akan melengkapi teknologi terbaru dari generasi sebelumnya. Nah bagaimana mobil lama Anda tidak ketinggalan zaman dengan teknologi yang mampu menyelamatkan dari kecelakaan.  Mereka menyebutkan sebuah teknologi advanced driver assistance systems (ADAS) yang bekerja mengingatkan Anda melalui fitur keselamatan. 

Teknologi ADAS  mencakup beberapa hal seperti peringatan atas pengereman darurat, lane departure, lane keeping assistance dan road departure mitigation yang memberikan umpan informasi demi menjaga keselamatan Anda saat berlalu lintas.

Sebuah data dari Biro Statistik Transportasi Amerika Serikat menyebutkan usia rata-rata mobil yang digunakan mencapai 11,6 tahun dan kondisi ini terus meningkat. Hal ini disebabkan standar kualitas mobil yang makin tinggi, meski belum memiliki fitur keselamatan modern, seperti mobil sekarang. 

" Sebuah studi. menyatakan dibutuhkan 3/4 detik dari beberapa subyek pengemudi untuk mengenali kondisi lalu lintas sehingga dapat bereaksi," papar Jason Palmer teknisi dari SmartDrive system. Menurutnya mengenal kasus crash dapat diketahui dari beberapa detik waktu yang cukup krusial.

SmartDrive  sebuah system keamanan berbasis video diciptakan untuk kendaraan komersial. Dengan 8 kamera dilengkapi sensor yang terhubung dengan komputer, diakselerasikan melalui kecerdasan berbasis algoritma mampu mengindetifikasi situasi kendaraan komersial dalam keadaan aman atau tidak. Hasilnya sistem akan memberitahukan analisis terkini di jalan raya.

Semua hasil data mencakup video, audio dan informasi menambahkan kontektual case by case yang dapat difahami oleh pengemudi dan mampu mengurangi kecelakaan secara signifikan. Kasus kecelakaan menurun hingga 50-70% dengan penginstalan SmartDrive system yang mampu mengurangi jenis risiko diluar sana.

Selain SmartDrive ternyata sistem ini ditopang oleh mobileye. Sebuah anak perusahaan  Intel yang telah membangun ADAS  dijual sebagai part aftermarket yang bisa dipakai oleh semua jenis kendaraan.  Mobileye mengirimkan alert berupa peringatan tabrakan saat mendeteksi mobil, truk, sepeda motor yang mendekati. Selain itu juga mendeteksi pejalan kaki dan pengendara sepeda. Efektifitasnya mencapai 95% dan itu cukup mereduksi tingkat kecelakaan di dunia otomotif komersial maupun umum.[Ahs/timBX]

Tags :

#
smartdrive,
#
mobileye,
#
teknologi,
#
teknologi otomotif,
#
crash,
#
fitur keselamatan