MENU
icon label
image label
blacklogo

Sinyal Masuknya Skutik Aprilia SR GT 200 Makin Tegas, Honda ADV 150 Harus Waspada

MAR 28, 2022@13:58 WIB | 349 Views

Akhirnya terwujud juga kesempatan lokalisasi assembling dari produk Piaggio Group yang rencananya bakal dieksekusi akhir tahun nanti.  Aprilia Racing sempat memperkenalkan skuter SR GT 200nya pada gelaran motoGP Mandalika 18-20 Maret lalu. Rencana peluncuran skuter matic 200 cc bertema Urban Adventure ini memang dipersiapkan untuk market Asia.

Piaggio Group melihat potensi yang cukup tinggi untuk market roda dua di Indonesia. Setiap tahunnya ada 5 juta skuter matic yang terjual, dan itu menjadi market ketiga terbesar di dunia setelah India dan Tiongkok.

Kinerja Piaggio Group sendiri dari tahun ke tahun menunjukkan angka positif. Buktinya kurun 2021 lalu, market Piaggio Group meningkat hingga 61% dibanding tahun sebelumnya. Didukung dengan 4 Motoplex yang berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Bali. Sementara jaringan lebih kecil didukung 50 sales outlet yang tersebar di Indonesia.

Rencana tahun 2022 selain titik penjualan, adalah ranah assembling yang memanfaatkan lahan seluas 55 ribu meter persegi. Tepatnya di semester 2 tahun 2022 ini. Mengambil lokasi di Jakarta, menjadi tempat paling strategis untuk meningkatkan jumlah produksi untuk market domestik. Sementara dua pabrikasi yang sudah berjalan seperti di Vin Puch (Vietnam) dan Foshan (Tiongkok).

Aprilia SR GT 200 menggendong mesin dengan kubikasi 174 cc, 1-silinder, berpendingin cairan, dan sistem pengapian injeksi. Output maksimal sampai 17,43 hp di 8.500 rpm dan torsi puncak 16,5 Nm di 7.000 rpm.

Aprilia Tuareg 660, Motor Dual Purpose Kemampuan Antar Negara

Sistem pengereman didukung dengan pengereman cakram ABS (Anti-lock Braking System). Sedangkan sektor pengereman belakang pengereman cakram tunggal non ABS.

Visual cukup sporti sedikit fender dan spakbor menegaskan SR GT 200 sebagai dual purpose. Desain body depan dan headlamp yang sekilas mirip dengan motor sport full fairing Aprilia RS 660 dengan lampu depan  Tri-LED, sementara space travel suspensi depan mirip dengan Tuareg 660.

Aprilia belum lama ini meluncurkan seri 660 untuk sportbike terbaru: Aprilia Tuono 660 dan Aprilia RS 660 setelah sebelumnya diluncurkan Aprilia Shiver 900. Sementara SR GT bergaya adventure memang dirancang oleh Aprilia untuk keleluasaan  berkendara di perkotaan. Namun DNA racing tetap melekat, guna mendukung optimalisasi skuter matic saat riding di luar kota. Untuk jaringan aftersalesnya, Piaggio di Indonesia telah memiliki 45 outlet resmi. Namun untuk SR GT sendiri belum diluncurkan secara resmi. [Ahs/timBX]

Tags :

#
aprilia racing,
#
aprilia motor,
#
piaggio indonesia,
#
aprilia sr gt 200