MENU
icon label
image label
blacklogo

Simak Tampilan Honda Monkey Bike yang Dapat Melesat Hingga 160 Kmh

DEC 23, 2021@14:30 WIB | 222 Views

Proyek modifikasi motor bisa datang dalam berbagai ukuran, dari mulai motor besar hingga yang berukuran kecil, seperti Honda Monkey misalnya. Ada beberapa aturan yang harus diketahui untuk yang melakukan modifikasi, salah satunya adalah jangan membeli motor hasil proyek modifikasi yang belum selesai, karena dikhawatirkan motor tersebut memang benar-benar dalam kondisi yang tidak layak, terutama karena kesalahan dalam proses modifikasi.

Tapi terkadang proyek motor modifikasi yang belum selesai sayang untuk dibiarkan begitu saja, seperti Honda Monkey Bike yg memiliki mesin gahar 350cc ini. Honda awalnya meluncurkan seri Monkey Bike mereka, yang diberi nama "Z50", pada tahun 1967. Proses pembuatan sepeda motor berukuran mungil ini dikerjakan hampir secara tidak sengaja.

Honda saat itu telah mengembangkan beberapa motor mini yang sebenarnya ditujukan kepada anak-anak untuk digunakan di suatu karnava yang ada di Jepang, ternyata orang dewasa juga suka mengendarainya, postur orang dewasa yang mengendarai motor ini terlihat mirip seperti monyet dengan posis lutut dan siku yang sedikit menekuk. Hal ini menyebabkan motor tersebut dijuluki “motor monyet/monkey bike” dan akhirnya nama tersebut semakin santer terdengar.

Minibike seri Z50 biasanya dilengkapi dengan mesin satu silinder dengan tenaga hanya 49cc, berpendingin udara dari konstruksi unit dengan transmisi built-in. Motor ini pada awalnya tidak memiliki suspensi sama sekali, kecuali di bagian sidewall ban, tetapi di model selanjutnya motor ini memiliki fork teleskopik, dan kemudian ditambah dengan twin rear shock absorber..

Proyek modifikasi motor berukuran mungil ini menggunakan frame Monkey Bike orisinil, meskipun akhirnya dimodifikasi secara signifikan untuk mengakomodasi mesin CB350F baru yang memiliki ukuran jauh lebih besar, yang akan menjadi tenaga penggerak yang sanggup melaju hingga 160 kpj. motor ini memiliki suspensi depan tetapi tidak memiliki suspensi di bagian belakang, dan anehnya lagi tidak ada tanda-tanda rem depan juga, hanya rem tromol seukuran uang receh.

Pengaturan empat karburator asli telah diganti dengan pengaturan karburator kembar yang lebih mudah disetel. Jok harus dipasang dengan benar, agar tetap nyaman untuk diduduki, kabel rem belakang dan kopling harus juga dipasang dengan benar, dan pasti banyak pekerjaan kecil lainnya yang perlu dilakukan agar motor kecil ini mendi semakin sempurna. [era/timBX] berbagai sumber.

Tags :

#
honda,
#
monkey bike,
#
honda monkey,
#
350cc,
#
motor modifikasi