MENU
icon label
image label
blacklogo

Secara Bertahap, Mercedes Akan Hilangkan Gearbox Manual Mulai 2023

MAY 28, 2022@20:00 WIB | 159 Views

Mulai tahun 2023, pedal kopling akan dihapus Mercedes Benz secara bertahap karena permintaan pelanggan yang rendah. Berbicara dengan publikasi Jerman Automobilwoche, juru bicara pabrikan asal Jerman berpendapat selera pembeli telah berubah karena semakin banyak orang lebih memilih kendaraan hibrida murni listrik dan plug-in.

"Dengan meningkatnya elektrifikasi, kami melihat permintaan pelanggan beralih ke komponen mobilitas listrik, baterai, dan (sebagian) sistem penggerak listrik," ungkap jubir Mercedes tersebut. Tentu saja, ini juga lebih hemat biaya bagi Mercedes dengan tidak perlu lagi berinvestasi pada girboks manual. Bukan berarti itu tersedia secara luas sekarang mengingat hanya versi tertentu dari A-Class, B-Class, dan CLA yang masih datang dengan pengaturan tiga pedal. 

Pada Oktober 2020, bos R&D Mercedes, Marcus Schaeffer, memberikan peringatan tentang rencana merek mewah tersebut untuk "menghilangkan transmisi manual", jadi pengumuman baru ini tidak mengejutkan. Ambil contoh C-Class terbaru (W206), yang hanya tersedia dalam transmisi otomatis saja.

Mercedes telah mengumumkan akan siap untuk menawarkan portofolio EV saja pada akhir dekade "di mana kondisi pasar memungkinkan." Sebelum itu terjadi, model-model baru yang ditenagai oleh mesin pembakaran sebenarnya akan didasarkan pada platform yang terutama dikembangkan untuk kendaraan listrik. Ini adalah perubahan 180 derajat dibandingkan dengan strategi yang digunakan untuk crossover EQA, EQB, dan EQC karena ketiganya berakar pada arsitektur mesin ICE.

Sementara itu, BMW masih mengizinkan pengemudi untuk mendayung gigi kopling mereka sendiri pada model M3 dan M4. M2 (G87) yang baru-baru ini dirilis teasernya juga akan memiliki pedal kopling, sementara model seperti Seri 1 juga masih tersedia untuk saat ini dengan transmisi manual di beberapa pasar. [ibd/zz/timBX] berbagai sumber

Tags :

#
mercedes benz,
#
mercy