MENU
icon label
image label
blacklogo

Seberapa Untung Membeli Kendaraan di Masa Pandemi?

MAY 15, 2020@18:30 WIB | 437 Views

Ketidakpastian ekonomi di tengah pandemi Covid 19 memberikan tantangan tersendiri bagi penduduk dunia. Kita di sini, bersama dengan penduduk bumi lainnya, berusaha untuk mencegah penyebaran yang lebih luas dengan melakukan banyak kegiatan #dirumahaja.

Bagi Industri otomotif, tantangan terbesarnya adalah soal bagaimana menaikkan presentase penjualan di tengah masyarakat yang cenderung untuk menahan diri membeli mobil atau motor, sampai adanya kepastian kondisi new normal mulai berlaku. Lalu di mana letak titik temunya? Mungkin, inilah waktu yang tepat untuk kamu membeli kendaraan pribadi dengan beberapa alasan.

Manufaktur, perusahaan pembiayaan, dan lembaga perbankan terus memutar otak demi menaikkan daya beli masyarakat terhadap kendaraan baik roda dua atau roda empat. Dalam kalender tahunannya, manufaktur dan perusahaan pembiayaan tentu sudah memiliki strategi, target serta rilisan-rilisan model terbaru. Selain itu, manufaktur juga biasanya sudah melakukan rencana produksi dalam setahun untuk memenuhi kebutuhan akan kendaraan baru. ditambah lagi dengan keikutsertaan brand otomotif dalam kalender event pekan otomotif seperti IIMS atau GIIAS. Namun, sedikit banyak pandemic Covid-19 cukup mengganggu proses supply and demand, sehingga mau tidak mau, brand otomotif bekerja ekstra-keras demi menggenjot tingkat pembelian kendaran.

Promo Low Rate, Low Downpayment, Cashback

Silakan cek sosial media atau mailing list kalian, jangan heran dengan penawaran pembiayaan pembelian kendaraan yang cukup menggiurkan berseliweran. Jika kamu mau membeli kendaraan melalui sistem kredit, kamu akan dengan mudah memilih kendaraan dengan nilai down-payment yang rendah, interest yang menggiurkan bahkan hingga 0% dalam jangka waktu beberapa tahun atau tingkat installment yang diperkecil. Selain itu, banyak juga lho merek otomotif dan perusahaan pembiayaan yang memberikan ‘libur’ pembayaran cicilan hingga beberapa bulan ke depan. Atau jika kamu tidak ingin membeli secara tunai, siap-siap untuk kamu mendapatkan promo menarik seperti Voucher BBM yang melimpah, cashback yang tinggi, dan beberapa brand bahkan menawarkan cover gratis terhadap asuransi dan biaya perawatan selama rentan 2-5 tahun. Cukup menggiurkan bukan?

Cara termudah untuk mendapatkan berbagai promo menarik adalah dengan kamu pantengin satu per satu akun resmi sosial media merk besar seperti Toyota Auto Finance, Mercedes Benz, BMW, MG Motor, Wuling, Daihatsu, Nissan atau merk kendaraan roda dua seperti BMW Motorrad, Harley Davidson, Piaggio, Honda, Yamaha, Suzuki dan masih banyak merek lain yang menawarkan promo khusus.

Tawaran menarik enggak cuma berlaku bagi kendaraan baru saja. Pasar kendaraan bekas juga tak kalah menggiurkan bro. Jika di tengah pandemi, banyak kolektor mengeluarkan satu per satu koleksinya untuk di-lego, inilah kesempatan kamu memiliki kendaraan idaman dengan harga yang terbilang cukup kompetitif.

Terlihat di beberapa postingan instagram seperti @malique_selatan_jakarta, @bisaboy, @ivansmotor_official, @premiumcarsjakarta, @tda_luxury_toys dan akun-akun popular penjualan mobil bekas yang ada di sosial media. Setiap hari selalu muncul update baru mobil-mobil mewah dan langka yang ditawarkan dengan harga yang menarik.

Pengalaman Baru Memiliki Kendaraan

Sebelum Pandemi, masyarakat dapat dengan mudah mengunjungi dealership atau pusat keramaian untuk merasakan, mencoba hingga mengetahui promo—promo menarik sebelum memutuskan untuk membeli kendaraan. Namun kini, selama masa pembatasan sosial masih berlangsung, merk otomotif tidak kehabisan akal untuk memberikan pelayanan penjualan yang kreatif dan terbilang tidak biasa.

‘New normal’ membuka adaptasi terhadap kebiasaan baru. Beberapa bulan belakangan, industri otomotif mulai beralih ke pengalaman digital dan eksklusif. Mari kita bedah satu-per-satu.

Pertama, merilis model baru sebuah kendaraan adalah hal yang wajib dilakukan sebagai salah satu bentuk penyegaran dan menjaga eksistensi merk tersebut di pasaran. Biasanya, perilisan mobil dilakukan di sebuah pameran otomotif atau dengan mengundang customer serta wartawan untuk pertama kali melihat kendaraan yang dirilis. Saat ini, new normal membuka aksi paling kreatif dengan melakukan perkenalan kendaraan secara digital. Hasilnya, terbukti meskipun hanya lewat platform digital, cara baru ini terbilang cukup sukses seperti terlihat pada nama-nama besar Morris Garage (MG) dengan SUV ZS-nya, Suzuki dengan New Ignis-nya, BMW dengan 630i Gran Turimso M Sport-nya dan yang terbaru MINI dengan Countryman Blackheath Editionnya.

Kedua, Jika dulu kita harus pergi ke pameran otomotif atau mengunjungi dealer untuk mendapatkan sebuah kendaraan. Sekarang, kamu cuma perlu duduk santai, buka smartphone, masuk ke situs resmi kendaraan yang kamu inginkan, atau buka aplikasi e-commerce, pilih kendaraan, pilih metode pembayaran booking fee, lakukan pembayaran dan kamu sudah setahap lebih maju untuk membeli kendaran yang kamu inginkan. Setelah itu, pihak dealer akan datang langsung ke rumah kamu untuk proses selanjutnya. Mudah bukan? BMW adalah manufaktur yang populer menerapkan cara ini dengan menggandeng platform e-commerce Tokopedia dalam menjual berbagai tipe kendaraannya.

New normal berbeda juga ditawarkan oleh perusahaan otomotif di Indonesia. Salah satunya adalah tawaran pengalaman eksklusif bagi kamu yang ingin membeli sebuah kendaraan. Kamu tidak perlu lagi pergi ke dealer, untuk merasakan sensasi test drive. BMW Indonesia, hadir dengan layanan berupa test drive yang bisa kamu lakukan sendiri tanpa harus hadir ke dealer. Tim sales akan datang ke rumahmu lengkap dengan mobil yang ditest  serta paket penawaran yang diberikan.

Bagaimana tertarik untuk membeli tunggangan baru? [agn/asl/timBX]

Tags :

#
manufaktur,
#
industri otomotif,
#
promo low rate,
#
cashback,
#
low downpayment