MENU
icon label
image label
blacklogo

Sebastian Vettel Pertimbangkan Pensiun Dari Formula 1

DEC 28, 2021@12:00 WIB | 271 Views

Sebastian Vettel mempertimbangkan pensiun setelah enam musim gagal bersama Ferrari, tetapi mengakui masih termotivasi.

Driver utama Aston Martin F1 itu telah mengungkapkan bahwa pemikiran untuk pensiun dari Formula 1 telah terlintas beberapa kali, tetapi dia ingin melanjutkan balapan untuk saat ini. Sebastian Vettel memenangkan gelar terakhirnya pada 2013, dan sejak itu mengalami kekecewaan bersama Ferrari sebelum meninggalkan Scuderia pada akhir 2020. 

Vettel memenangkan 14 balapan dengan Ferrari dan melawan Lewis Hamilton untuk meraih gelar juara pada 2017 dan 2018, tetapi gelar impiannya dengan tim berbasis Italia tidak pernah terwujud. Berbicara setelah akhir musim 2021, yang merupakan musim perdananya bersama Aston Martin, Vettel menegaskan bahwa meninggalkan Formula 1 adalah sebuah pilihan.

“Tentu saja, terkadang Anda bertanya pada diri sendiri tentang makna. Saya bohong jika mengatakan pikiran itu (pensiun) belum terlintas di benak saya," jawab Vettel ketika ditanya apakah dia mempertimbangkan untuk pensiun dari Formula 1. Pria 34 tahun itu telah menyebarkan pesan kesadaran lingkungan dan kesetaraan sepanjang tahun 2021, dan meskipun dia bangga menjadi duta perubahan, dia bersikeras bahwa olahraga yang digelutinya ini harus dilanjutkan para pemuda.

“Tapi saya tidak melanjutkan hanya untuk menyampaikan pesan, saya ingin melihat generasi mendatang yang lebih baik,” tambahnya. Aston Martin finish ketujuh di klasemen kejuaraan konstruktor tahun ini, dan Vettel mengakui bahwa ini adalah sumber rasa frustasi, tetapi dia masih ingin melanjutkan balapan.

“Bagaimanapun juga, saya masih bisa menangani masalah tertentu ketika saya tidak lagi membalap. Tapi semangat masih menyala. Sebagai seorang olahragawan, saya merasa kesal dan melakukan semua yang saya bisa untuk membuat segalanya lebih cepat,” Vettel menjelaskan. Dia juga yakin bahwa peraturan baru untuk tahun 2022 dapat membantu Aston Martin, meskipun tidak berharap lebih.

"Aturan baru menawarkan peluang besar pada 2022. Tapi kami juga harus tetap realistis dan tidak berbicara tentang menjadi favorit, tapi kami akan memiliki mobil yang bagus,” pungkas driver asal Jerman tersebut. [dhe/zz/timBX]

Tags :

#
sebastian vettel,
#
formula 1,
#
f1