MENU
icon label
image label
blacklogo

Saleen Siapkan Supercar Hidrogen Untuk Balap Le Mans

JUN 19, 2024@15:30 WIB | 126 Views

Brand mobil sport asal Amerika Serikat, Saleen ternyata sedang menyiapkan sesuatu yang cukup revolusioner. Yap, mereka diketahui sedang mengembangkan sebuah supercar dengan teknologi hidrogen yang bakal bisa dipakai untuk balap ketahanan seperti Le Mans 24 Hours.

Melansir Carscoops, supercar dari Saleen ini akan diberi nama Saleen 1. Nantinya Saleen akan bekerjasama dengan salah satu manufaktur otomotif asal Perancis, Solution F untuk membuat mesin yang mendukung penggunaan bahan bakar hidrogen tersebut.

Nantinya supercar Saleen 1 ini bakal menggunakan basis mesin V6 Twin Turbo. Selain mendukung penggunaan bahan bakar hidrogen, mesin ini juga bisa dipakai pada bahan bakar sintetik maupun bahan bakar fosil konvensional.

CEO Saleen, Steve Saleen disela-sela perhelatan 24 Hours of Le Mans menyebut supercar ini juga disiapkan untuk produksi massal. Ia menyebut kehadiran supercar ini sebagai salah satu cita-cita perusahaan yang senang dengan motorsport dan menginginkan sesuatu yang berbeda.

“Balap sudah menjadi DNA perusahaan kami selama bertahun-tahun. Kami melihat regulasi ACO terbaru yang memperbolehkan penggunaan teknologi hidrogen seperti membuka jalan bagi kami. Sehingga kami tidak ingin melewatkan kesempatan untuk ikut berpartisipasi di balap seperti Le Mans dengan teknologi hidrogen”, ungkap Steve.

Ia menambahkan dalam proses pengembangan supercar hidrogen ini membutuhkan waktu sekitar dua tahun lagi untuk realisasinya. Kami ingin supercar hidrogen yang kami buat sudah sesuai dengan standar keselamatan, emisi, dan lolos di berbagai tes. Karena mobil ini nantinya juga akan kami jual kepada masyarakat”, tambahnya.

Terakhir, Steve Saleen melihat bahwa teknologi hidrogen punya masa depan yang sangat baik. Sehingga dengan proyek supercar Saleen 1 ini, diyakini bisa menjadi inspirasi bagi pabrikan lainnya ikut mengembangkan mobil balap berteknologi hidrogen yang bisa dipakai balap ketahanan seperti Le Mans 24 Hours tersebut. [edo/timBX]

Tags :

#
saleen,
#
supercar,
#
hidrogen,
#
balap mobil,
#
le mans

X