MENU
icon label
image label
blacklogo

Roma Autosports, Pionir Part Offroad Indonesia

DEC 25, 2020@16:34 WIB | 1,394 Views

Dunia Offroad di Indonesia boleh dibilang pertama kali diperkenalkan oleh Justinus Sjahlim yang membawa olahraga offroad diturunkan menjadi hobby offroad. Segala rintangan menjadi catatan untuk upgrade part dan membelinya langsung ke Amerika Serikat. Hingga saat ini desain dan kapasitas winch Warn dikembangkan langsung oleh Justinus untuk diproduksi Warn. Dibawah payung Roma Autosports yang didirikan pada 1992 akhirnya scale bisnisnya meningkat berkat semakin digemarinya hobby offroad oleh pencinta SUV heavy duty. 


Sementara dalam hobi yang lebih ekstrim, Justinus sebagai founder Indonesia Off-road eXpedition (IOX) bersama rekan-rekan membuat event setiap tahun berjalan.  Pra IOX 2020 Bertajuk IOX Lhuk Songo diselenggarakan di Malang Jawa Timur selama 4 hari. "IOX 2021 Yogyakarta Semarang Melewati 9 Gunung selama 14-16 Hari yang diselenggarakan pada bulan Maret 2021," cetus Justinus saat sambangi tim Blackxperience.com.

Mulai dari winch, bumper, bulbar, suspensi, arn, lampu tembak, lift jack, ban serta velg dan semua pendukung heavy duty di medan offroad, dengan brand papan atas, pernah digunakan oleh owner pendiri Roam Autosports ini. "Brand-brand yang sekarang ada ini sudah pernah kami gunakan untuk terjun di medan offroad. Dan akhirnya mereka mempercayai kami untuk menjadi distributor utama di Indonesia. Satu persatu brand kami coba, dan pengalaman personal kami yang membuat mereka percaya untuk memasarkan produknya di Indonesia," ungkap Justinus.

Selain menjadi distributor part, Roma Autosports membuka peluang sebagai konsultan untuk heavy offroad enthusiast. Pasalnya menurut Justinus, modifikasi punya arah dan fungsi yang berbeda, tidak sekedar memilih dan memasang part saja, karena setiap part punya karakteristik setiap medan. 


"Kami berusaha memberikan edukasi yang pas, terkait part dan karakter setiap part untuk gaya modifikasi tertentu. Setiap brand punya range produk yang cukup lebar dan kami mengarahkan penggunaan part yang sesuai dengan kebutuhan utama mereka.  Apakah kategori Offroad  untuk Adventure, Speed Offroad, Racing Offroad atau sekedar overland," cetus Justinus. Seperti penggunaan bumper ARB dari Australia pertama kali digunakan untuk proteksi mobil dari obstacle, atau gangguan hewan liar. 


Soal mobil-mobil SUV dengan kemampuan offroad, Justinus punya mobil andalan seperti Jeep Wrangler, Land Rover Defender, Toyota Land Cruiser FJ, Jeep CJ. Menurutnya performa mobil yang paling diharapkan adalah FJ 40 yang dimodifikasi dengan long sasis ala market Amerika Serikat. 


"Penggunaan Toyota FJ40 paling Saya andalkan untuk offroad di daerah gampang untuk sruduk obstacle apapun. Pertama karena ketersediaan part yang melimpah, bila terjadi kerusakan maka bisa dimaksimalkan untuk mendapatkan secara cepat karena jaringan part aftermarket yang luas. Kedua mesin 6 silinder inline ini memang tenaga yang cukup mumpuni di berbagai medan di Indonesia, khususnya saat event IOX kami gelar selama 14-16 hari," cerita Justinus.

Land Rover Defender milik Justinus juga punya spesifikasi mesin yang garang. Modifikasi performance sudah stage 4, mengganti turbo, mesin 200 TI dengan intercooler lebih besar dan exhaust system yang lebih mudah mengalirkan gas buang.  Sektor transmisi sudah menggunakan transfer case yang lebih low, untuk heavy duty.  Land Rover Defender milik Justinus sudah pernah main di Manado, Sulawesi dan Sumatera.

Saat memasuki workshop Roma AutoSports, BlackPals akan disajikan betapa part offroad cukup melimpah, layaknya sebuah supermarket.  Salah satu produk yang dipajang seperti winch Warn yang punya spesifikasi cukup lengkap. 

"Teknologi gir dari Warn bisa dipastikan  menyokong heavy duty. Mulai dari seri Warn M8274-40, M8274-50 sebagai mass product, sementara M8274-60 diproduksi terbatas dan hanya 4 unit di Indonesia. Karena cukup terbatas sudah, Roma hanya menjual seri 50 hampir 4 ton daya tarik. Hingga versi Anniversary 70 hadir dengan plasma rope, daya tari 4,5 ton dan kekuatan motor 6 hp yang lebih responsif, berkat masukan dan pengembangan dari Roma Autosports," pungkas Sam, menceritakan prestige tersendiri bagi Roma Autosports karena pengalaman. Roma Autosports juga menghadirkan beberapa perlengkapan overland seperti tenda, recovery kit, dan telah menenuhi nilai safety standar offroad. [Ahs/timBX]
 

Tags :

#
roma autosports,
#
beyond the garage,
#
bengkel modifikasi offroad,
#
distributor warn,
#
justinus sjahlim