MENU
icon label
image label
blacklogo

Restorasi Dodge Power Wagon 1941, Jip 4x4 Memori Perang Dua

APR 16, 2020@13:00 WIB | 1,061 Views


Dodge Power Wagon 1941 kali ini mempersembahkan gaya city sleeker yang cukup digemari.  Dengan body full metal tampilan Dodge kali ini lebih terbebas dari gaya old school.  Padahal Dodge kali ini sudah dilibatkan pada zaman perang, atau saat itu dikenal sebagai Fargo, dan pabrikan otomotif Paman Sam saat ini bertugas untuk memproduksi Challenger dan Chargers, khususnya untuk truk militer. 



Truk Dodge ini menjadi varian yang sangat disukai tentara Amerika, hingga semuanya beredar 400 ribu unit selama masa-masa perang.  Salah satunya seri WC yang digarap bersama Ford dan Willys, sebagai varian all wheel drive, di masa yang sama. 

Sebagai kelanjutannya, varian sipil pun diproduksi  dengan nama khusus  Power Wagon setelah perang dunia II berakhir.   Rentang produksinya antara tahun 1945 hingga 1980, dan gen Dodge Power Wagon ini diteruskan untuk truk Ram. 
 

Beberapa dekade berlalu,  gaya Dodge Power Wagon cukup disukai hingga sekarang,  meski tidak popular di kalangan modifikator.  Cukup kaget bila Power Wagon kemudian  dibangunkan lagi oleh para builder dan menghasilkan karya restorasi yang selalu spektakuler.  Salah satu gambar tersebut diatas telah  masukndaftar lelang di Mecum Eddie Vannoy yang dipublikasikan dan memenangkan beberapa penghargaan.



Uniknya Dodge Power Wagon punya nickname yang unik, Full Metal Jacket, bergaya militer USA dengan paduan warna abu-abu dan skema cat hitam.  Tambahan aksen kayu Brazilian dengan logam metal  dan finishing kulit. 

Mesin Diesel  Cummins 3,9 liter, dipadukan dengan turbo untuk menambah boost,  serta transmisi otomatis.   Memperingatkan pada history perang dunia ke-2, sebuah kompartemen untuk penyimpanan pistol dirancang di panel pistol secara tersebunyi.  Sayangnya tidak ada banderol harga dan sepertinya museum Mecum juga tidak mengharapkan untuk menambah koleksinya. [Ahs/timBX]

Tags :

#
restorasi mobil,
#
dodge power wagon 1941,
#
truk militer,
#
full metal jacket