MENU
icon label
image label
blacklogo

Renault Twingo Lahir Kembali sebagai Mini EV, Tampilannya Retro Banget

NOV 16, 2023@10:37 WIB | 200 Views

Renault telah resmi mengungkapkan model Twingo generasi berikutnya untuk tujuan produksi yang akan mulai dijual pada 2026 mendatang. Bertenaga listrik, hatchback menggemaskan ini mengusung desain dan tampilan retro berdasarkan DNA Twingo pertama dari tahun 90-an.

Secara umum bentuknya membulat identik dengan sama dengan Twingo generasi pertama, sedangkan fasianya menawan, modern, mirip dengan desain lampu depan mobil aslinya yang unik dan ceria. Mobil baru ini bahkan mendapat bukaan ventilasi tiga kali lipat di kap mesin, tapi di sini, bukaan tersebut jauh lebih menonjol dan menonjol keluar dari bodi, daripada duduk rata.

Pegangan pintu depan terintegrasi mulus dalam lingkaran terang, sedangkan pegangan belakang tersembunyi di pilar C. Desain cerdas ini memungkinkan Twingo baru untuk merangkul kepraktisan gaya bodi lima pintu dengan tetap mempertahankan esensi visual dari pendahulunya yang hanya memiliki tiga pintu. 

Rumah kaca dan kaca depan yang diperluas mewakili interpretasi yang berevolusi dari desain aslinya, sementara roda yang lebih besar membawa proporsi tersebut ke abad ke-21.

Renault belum merilis spesifikasi apa pun pada Twingo mendatang, namun menjanjikan angka efisiensi luar biasa hingga 6,2 mil per kWh. Ini akan menjadikannya kendaraan listrik paling efisien yang dijual di AS, melampaui penggerak roda belakang Ioniq 6, yang hanya mampu mencapai 4,2 mil per kWh.

Twingo baru akan ditempatkan di bawah mobil listrik baru Renault 5 dan SUV kompak Renault 4 , menggunakan arsitektur modular "AmpR Small" yang sama. Desain, teknik, dan produksi akan menjadi tanggung jawab Ampere, subdivisi EV kecil milik Renault Group.

Renault mengatakan Twingo baru akan memiliki harga awal "di bawah €20.000," atau sekitar $21.700 dengan nilai tukar saat ini. Harga masuk yang sangat menarik mengingat sebagian besar kendaraan listrik yang dijual saat ini terlalu mahal untuk dibeli oleh pembeli rata-rata.

Ketika tiba pada tahun 2026, Renault Twingo akan bersaing di Segmen A Eropa, melawan VW ID.1, Citroen e-C3, dan Fiat Panda yang akan datang , serta EV entry-level yang dikabarkan dari Hyundai, Kia, dan Opel. itu sudah akan dijual pada saat itu.

Selain itu, Twingo generasi keempat ini juga menjadi jawaban Renault terhadap kendaraan listrik Tiongkok yang terjangkau, dengan gaya apik yang terinspirasi dari aslinya. [wic/timBX]

Tags :

#
renault twingo,
#
renault,
#
twingo ev